.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Selasa, 10 Februari 2015

Sekilas Review Honda CB400 Limited Edition !!!


Entah Ngimpi apa beberapa waktu kemarin Bluspit Mendapatkan tawaran untuk mencicipi Moge. Dan moge ini bukan sembarang moge karena merupakan varian yang khusus di jual untuk pangsa pasar Jepang saja , alias JDM ( Japanese Domestic Market ) dan juga merupakan motor Limited Edition yang jumlah totalnya cuman diproduksi 500 unit saja. Byuuuhh...Maknyus Tenan kan...?? Motor Gede ini adalah Honda CB 400 Super Four V-Tec Limited Edition.... wow...





Pertama saat melihat CB400 teronggok di garasi samping rumah, Bluspit agak keder juga dengan dimensi nya yang jumbo dan posisi nya yang agak nyelempit, wah , susah nih ngeluarin nya, batin Bluspit. Namun dengan keteguhan hati akhirnya Bluspit memberanikan diri dan mulai menaikkan jagang/standar samping, dan berusaha menarik Planger(pengangan belakang) supaya posisi motor bisa sedikit bergeser dan dapat dikeluarkan, widih anteb tenan bro sis...heheheh...Setelah keluar dari garasi Bluspit menenangkan diri sejenak sambil ambil beberapa foto dan manasin mesin si CB400, Bruuuuuummmmm....deru mesin 4 silinder nya maknyus... hehehhe...



CB 400 ini dibekali mesin 400 cc 4 silinder yang sanggup menyemburkan tenaga sampai 52Hp. Wis , jangan tanya masalah power deh, ora umum, apa lagi kalo mau dibandingkan dengan motor-motor lokal di Indonesia. 

Mesin 4 silinder CB 400  ini memang membuat Bluspit Jatuh cinta, Selain deru mesin 4 silinder yang merdu, karakter mesin pun sangat halus dan smooth di putaran bawah, amat sangat cocok bagi biker pemula yang baru pegang moge, Namun jangan tanya juga saat mesin sudah mulai teriak (rpm tinggi), Nulup abis bro sis, sayangnya dengan keterbatasan trek Bluspit cuman berani betot sampe 80kpj pada gigi 3 itu pun rpm mesin masih rendah banget, maklum masi baru pegang moge....kwkwkkw....


Secara desain Moge ini banyak miripnya sama Megapro lama, tapi ini lebih jumbo dimensinya. Dimensi mamang gambot, namun Tinggi tempat duduk yang cukup bersahabat 755mm ini, cukup membuat Bluspit yang berpostur 163cm makin pede, untuk nyemplak ke Moge 400cc ini. Namun tetap saja ,karena mengusung mesin 4 silinder segaris ukuran jok agak melebar, membuat Bluspit agak jinjit balet deh, maklum Bluspit nya yang kurang tinggi heheheh.

Untuk urusan kaki kaki, sudah sangat mumpuni bro sis, karet bundar sudah menggunakan merk Bridgestone Battlax sebagai ban standarnya, Ukuran 120/60-17 di sisi depan dan 150/60-17 di sisi belakang. Sementara itu penghenti laju menggunakan Floating double disk brake yang diapit oleh kaliper keluaran merk Nissin, dan disisi belakang mengandalkan single diskbrake.


posisi si CB 400 di garasi, nyelempit bro sis..

Untuk urusan suspensi, CB400 ini mengandalkan teleskopik pada sisi depan dengan ukuran yang kira-kira sebesar yamaha byson yaitu 41mm dan sementara itu disisi belakang masi mengandalkan sistem double shockbreaker dan Aluminium Swing Arm ,namun Shock nya sudah mengandalkan merk showa yang sudah dilengkapi tabung Gas dan lengkap dengan ajustable ,sehingga dapat di setel. Setelah melintas di perumahan Citraharmoni yang jalanannya pakai paving dan banyak polisi tidur, impresinya benar-benar minim getaran akbat jalanan yg tidak rata karena dari paving tersebut, dan juga saat melintasi polisi tidur pun wempuk banget, jaminan deh wenak pol nih buat touring heheheh...



Berikut Spesifikasinya CB 400 :

Engine 
Engine : 399 cc, 4 cylinders, 4-stroke, Inline
Bore × stroke: 55 mm × 42 mm (oversquare – shortstroke)
Cooling system: Water cooled
Power: 52.35 HP (38.5 kW) @ 10500 rpm
Torque: 38 Nm (3.87 kg-m) @ 9500 rpm
Throttle: Cable operated

Valves
Valve train: DOHC, non-variable

Fuel and ignition
Sparks per cylinder: 1

Fuel supply system: Fuel injection

Ignition type: TCI (Transistor Controlled Ignition)
Engine mounting: Transverse
Lubrication system: Wet sump
Gear box: Manual 6-speed
Clutch: Wet, multiple discs, cable operated
Final drive: Chain
Starter: Electric

Dimensions
Physical measures
Length: 2040 mm
Wheel base: 1560 mm
Trail: 90 mm
Ground clearance: 130 mm
Seat height: 755 mm

Weight
Dry weight: 194 kg
Chassis and suspension
Frame type: steel

Front
Suspension: Cartridge
Brake: Twin Disk

Rear
Brake: Disk
Fuel capacity: 18 l

Sekarang mari kita simak Video Deru mesinnya :



Maknyus kan suaranya??

Oh ya Bro sis, konon nih motor mau di jual loh bro sis, jadi kalo brosis berminat bisa japri ke email Bluspit yang ada di beranda depan.
Sori motor dah laku, 1 minggu setelah artikel ini tayang hehehe

Salam Bluspit bleh !!

3 komentar:

  1. ....surat surat nya lengkap tidak tuh! banyak yang masukin motor ke indo tanpa surat yang lengkap

    BalasHapus
  2. JDM lebih pantes nih buat dikoleksii. uayu

    BalasHapus