.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Kamis, 12 Maret 2015

Viar Cross X 250 SE ,Hmmm...Menggiurkan !!!


Dengan adanya peluncuran motor Viar Cross X 250 ini maka semakin memanaskan peta persaingan motor penggaruk tanah di pasar otomotif nasional. Sebelumnya Kawasaki sudah lama sekali melenggang sendirian di segmentasi motor trail 250 cc ini dengan Kawasaki KLX 250nya. Lalu salah satu produsen motor terpopuler asal Jepang lainnya yang memiliki lambang kebanggaan garpu tala yakni Yamaha pada awal bulan Februari 2015 kemarin meluncurkan motor trail andalan terbarunya yakni Yamaha WR250R untuk meramaikan pasar otomotif nasional. 

Meskipun untuk kualitas Viar Cross X 250 yang dibuat oleh Viar ini tidak bisa di sandingkan dengan 2 motor trail buatan Jepang tersebut, tetapi performanyayang termasuk tangguh dapat diadu dengan kedua motor tersebut. Juga, yang pasti pilihan harga yang lebih terjangkau dapat menjadikan opsi bagi Crosser Indonesia yang ingin merasakan sensasi motor trail kelas 250 cc dapat ditemukan pada Viar Cross X 250 ini. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi serta harga Viar Cross X 250 di bawah ini.






Spesifikasi Viar Cross X 250

Desain Motor Trail yang Tangguh, Gagah dan Kokoh
Baiklah Bluspit mulai review spesifikasi Viar Cross X 250 ini pada sektor desainnya terlebih dahulu. Jika dilihat-lihat dari semua sisi memang motor trail terbaru andalan Viar yang memiliki kubikasi seperempat liter ini terlihat tangguh gagah dan kokoh. Dimulai dari sisi depannya yang memiliki shockUpSideDown (USD) yang dipadukan dengan sepatbor depan yang tinggi akan membuat Viar Cross X 250 ini terlihat sporty dan gagah.Untuk lampu utamanya memang terlihat sangat simpel dengan sebuah rumah reflektor yang berukuran kecil. 

Pada bagian kemudinya menggunakan setang handlebar motocross yang dipadukan dengan pelindung grip pada bagian depannya dan tangki berukuran kecil ala motor trail serta memiliki jok yang simpel juga tentunya akan membuat Viar Cross X 250 ini sangat nyaman dan tangguh untuk melibas medan offroad yang sulit. Pada bagian sampingnya terlihat memiliki tampilan simple namun gahar karena aksen blok mesin yang memenuhi frame yang dipadukan dengan air shroud yang simple pada bagian atasnya. Sedangkan untuk bagian belakang Viar Cross X 250 terlihat meruncung tajam khas motor trail dengan lampu stop lamp LED akan memberikan kesan sporty dan modern. 

Pada bagian dashboardnya belum diketahui model indikator spedometer apa yang diaplikasikan pada motor trail ini. Diperkirakan spesifikasi Viar Cross X 250 memiliki indikator spedometer seperti saudara tuanya yakni Viar Cross X 200 dengan kombinasi panel analog dan lebih banyak memiliki sistem digital. Dengan hal tersebut pastinya pengendara Cross X 250 lebih nyaman dan mudah dalam mengetahui kondisi motor trail ini saat digunakan. Dengan tampilan spedometer digital tersebut juga akan menambah kesan modern dan sporty.

Dimensi yang Tangguh Khas Motocross
Untuk dimensi dari spesifikasi Viar Cross X 250 ini memang sangat tangguh untuk melibas medan offroad yang terjal karena memiliki ukuran tinggi, panjang dan lebar yang pas. Memiliki jenis frame yang sudah mengaplikasikan tipe TwinSpar tentu akan memberikan ergonomi kemudi yang ringan, mudah dan nyaman. Untuk detail ukuran dimensi dari spesifikasi Viar Cross X 250 ini adalah 2120 x 810 x 1250 mm dengan jarak sumbu roda 1440 mm, jarak terendah ke tanah 320 mm dan tinggi tempat duduk 920 tentu sangat cocok bagi crosser dewasa yang gemar melibas medan terjal yang sulit. 

Dengan dimensi tersebut membuat motor Viar Cross X 250 ini sangat tangguh untuk melibas genangan air yang tinggi misalnya melintasi sungai ataupun untuk melintasi medan naik turun yang sulit. Apalagi bobot dari spesifikasi Viar Cross X 250 ini hanya seberat 126 kg membuat motor trail seperempat liter ini tentunya akan semakin terasa beringas, ringan dan mudah untuk berakselerasi karena tenaga motor 250 cc ini tergolong besar. Untuk kapasitas tangki penyimpanan bahan bakarnya sanggup menampung hingga 6.7 liter dirasa sudah cukup banyak untuk memasok kebutuhan bahan bakar saat menjelajah medan offroad yang terjal.


 Kaki-Kaki yang Kokoh dan Tangguh
Saatnya beralih pada sektor kaki-kaki dari spesifikasi Viar Cross X 250 ini yang tergolong kokoh dan tangguh untuk motor cross kelas 250cc ini. Dimulai dari bagian suspensinya telah menggunakan jenis USD (UpSideDown) pada bagian depannya dan Monoshockwith Unitrack System pada bagian belakangnya akan memberikan handling yang nyaman serta meredam guncangan yang baik saat Viar Cross X 250 ini melibas medan terjal yang naik turun. 

Pada bagian kakinya memiliki ban jenis trail “Tahu” berukuran 90/100 dengan velg berukuran 21 inci pada bagian depan dan 110/80 dengan velg 18 inci pada bagian belakangnya akan semakin menambah ketinggian dan memberikan ketangguhan Viar Cross X 250 dalam melibas medan offroad yang terjal. Apalagi dengan penggunaan kedua velg yang berbahan material alumunium semakin menambah ketangguhan melibas medan terjal yang sulit karena velg ini terasa cukup ringan dan kokoh. Pada fungsi pengeremannya, spesifikasi Viar Cross X 250 ini dibekali dengan jenis piringan cakram berventilasi yang sepertinya berukuransama yakni 240 mmpada kedua rodanya.

Dapur Pacu yang Powerfull dan Mantap
Meskipun motor trail ini buatan anak bangsa namun performa dapur pacu dari spesifikasi Viar Cross X 250 ini terasa sangat tangguh dan powerfull yang membuatnya dapat bersaing dengan motorcross lain di kelasnya. Menggunakan mesin rancangan dari Minerva Megelli yakni ZongShen, Cross X 250 memiliki detail mesin 4 stroke, SOHC 4 Klep yang memiliki kubikasi ruang bakar 249,6 cc sanggup memuntahkan tenaga sebesar 25.4 Hp pada putaran mesin 9.000 RPM dengan torsi maksimal yang mencapai 23 Nm pada putaran mesin 7.000 RPM , Sebagai perbandingan Kawasaki KLX250 yang dibanderol 60 juta-an sanggup memuntahkan tenaga 24.1 Hp pada putaran mesin 9000 Rpm dan torsi maksimal 21Nm pada 7000Rpm. 

Tenaga Viar Cross X 250 tersebut disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan dengan sistem kopling manual Multiplate Wet Clucth akan membuatnya mudah berakselerasi maupun meraih top speed. Dengan tenaga yang besar tersebut tentu saja membuat Viar Cross X 250 ini sangat tangguh dan cocok untuk melibas medan offroad terjal yang naik maupun turun. Apalagi dengan memiliki gear belakang dengan sangat besar diperkirakan berukuran 55 serta dipadukan dengan mesin SOHC yang memiliki karakter tenaga putaran bawah yang sangat besar tentu membuat Viar Cross X 250 ini dengan mudahnya melibas medan offroad terjal yang tersulit sekalipun.Untuk sistem penyuplai bahan bakar dari spesifikasi Viar Cross X 250 ini masih menggunakan sistem Karbutator dipadukan dengan otak pemrosesan CDI membuat motor trail ini mudah dalam sisi perawatannya maupunpada sisimodifikasi atau mengorek mesin agar menghasilkan tenaga yang lebih besar.
Fitur yang Lebih Canggih dan Modern
Dengan menciptakan motor trail berkubikasi seperempat liter ini maka Viar menanamkan fitur yang canggih dan modern untuk dapat bersaing dengan motorcross lainnya. Spesifikasi Viar Cross X 250 ini memiliki suspensi UpSideDown (USD) pada bagian depannya yang berukuran cukup besar tentu akan memberikan kesan modern dan sporty karena jenis suspensi pada Viar Cross X 250 ini sebenarnya masih cukup jarang di Indonesia dan hanya dimiliki oleh motor gede berkubikasi mesin yang besar. Bahkan dipadukan dengan jenis suspensi Monoshock with Unitrack System akan memberikan ketangguhan dan kenyamanan jika crosser gemar melompat di medan offroad yang terjal serta memberikan Viar Cross X 250 performa handling yang baik. Mesin yang disematkan pada spesifikasi Viar Cross X 250 pun telah dibekali dengan Radiator bersistem Liquid Cooled atau pendingin cairan akan mampu menjaga suhu mesin motor trail seperempat liter ini tetap dalam kondisi stabil serta mencegah terjadinya overheat atau panas yang berlebihan.

Harga Viar Cross X 250

Nah itulah ulasan mengenai motor trail terbaru dari Viar Indonesia yakni Viar Cross X 250 dari berbagai sisinya. Sekarang saatnya kita beralih ke segmen harga Viar Cross X 250 ini. Bagaimana bro dan sis, sangat menarik dan lengkap untuk anda simak bukan? Eits, sebelum Bluspit membisikkan harga Viar Cross X 250 terbaru yang dibanderol di Indonesia ini, ada baiknya Bluspit menarik kesimpulan lebih dahulu mengenai Cross X 250 ini.

Menurut Bluspit motor trail lokal berkubikasi 250 cc buatan Viar Indonesia ini akan memberikan performa dan ketangguhan yang sangat maksimal keperluan offroad maupun on road. Dengan desain motor cross yang sangat gahar dan ciamik didukung dengan dimensi dan kaki-kaki yang mumpuni membuat Viar Cross X 250 ini pasti menjadi pusat perhatian jika dibawa di jalanan umum. Apalagi dengan performa mesinnya yang powerfull tentu akan membuat motor trail ini terasa sangat tangguh untuk digunakan pada semua jenis lintasan yang ada. Bahkan dengan beberapa fitur yang mumpuni dapat memberikan pengalaman berkendara yang semakin bergaya, aman dan nyaman. Lalu berapakah harga Viar Cross X 250 terbaru yang akan dibanderol di Indonesia ini?
Seperti kita ketahui meski motor trail ini memiliki segmentasi kelas menengah, namun harga Viar Cross X 250 terbaru dapat dipastikan tidak setinggi harga yang dibanderol oleh motor kompetitor buatan Jepang lainnya. Benar sekali sesuai dengan informasi yang Bluspit dapatkan motor trail andalan Viar Indonesia untuk kelas 250 cc ini dibanderol sangat terjangkau dibandingkan kedua kompetitor yang telah mengenalkan produk mereka sebelumnya. Harga Viar Cross X 250 ini hanya dibanderol mulai dari Rp. 32.6 Juta untuk versi trail tanpa lampu dan Rp.33.1 Juta untuk versi dengan lampu lengkap.

Perlu diketahui harga motor Cross X 250 tersebut merupakan harga Off The Road wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya. Sedangkan untuk daerah lainnya mungkin akan mengalami peningkatan harga mencapai Rp 35 Jutaan sesuai harga On The Road yang akan berlaku. Dengan harga tersebut menurut Bluspit sangat sebanding dengan apa yang ditawarkan oleh Viar Cross X 250 ini. Apalagi dengan beberapa fitur yang menjadikan unggulan untuk kelas motor trail 250 cc membuat motorcross andalan Viar Indonesia ini layak dijadikan pilihan bagi anda yang menginginkan dan merasakan sensasi motor penggaruk tanah dengan kubikasi mesin yang besar.

Spesifikasi Viar Cross X 250
Rangka
PANJANG X LEBAR X TINGGI2120 x 810 x 1250 mm
JARAK SUMBU1440 mm
JARAK TERENDAH KE TANAH320 mm
TIPE SUSPENSI DEPANUpside Down
TIPE SUSPENSI BELAKANGMonoshock Unitrack System
REM DEPANDisc Brake, Disc Plate Ukuran 270 mm
REM BELAKANGDisc Brake, Disc Plate Ukuran 220 mm
UKURAN BAN DEPAN90/100-21
UKURAN BAN BELAKANG110/100-18
KAPASITAS TANGKI BAHAN BAKAR6.7 Liter
BERAT KOSONG126 kg
TINGGI TEMPAT DUDUK920 mm
ACCU12V – 8Ah
MESIN
TIPE MESIN4 Langkah, SOHC
DIAMETER X LANGKAH77 x 53.6 mm
KAPASITAS MINYAK PELUMAS MESIN1.5 Liter pada penggantian periodik
KOPLINGManual, Multiplate Wet Clutch
GIGI TRANSMISI6 Kecepatan
STATERElectric stater & kick starter
SISTEM PENGAPIANCDI – DC
VOLUME LANGKAH249.6 cc
POLA PENGOPERAN GIGI1-N-2-3-4-5-6
DAYA MAKSIMAL19KW / 9000rpm
TORSI MAKSIMAL23N.m / 7000rpm


Menggiurkan dan Maknyus kan ??

Salam Bluspit Bleh !!!

9 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. Balasan
    1. susah gan kalo saingan dengan pabrikan jepang makanya dia cari celah n jualan motor garuk tanah hehe

      Hapus
  3. Mantaaf buat yg tangguh pesaing penggaruk tanah

    BalasHapus
  4. Kerenggangan klep nya berapa mm boss

    BalasHapus
  5. Asli karya anak bangsa? apa cuma ngerakitnya doang sama anak bangsa?
    Sumpah kalo 100% karya anak bangsa, gw punya itikat ingin meminangnya.

    BalasHapus