Bluspit bersama Yamaha Scorpio ini terbilang lama bro sis, yaitu sejak 2003 sampai 2012, Yamaha Scorpio Keluaran 2003 ini terbilang keluaran pertama yang konon masi CBU (Completely Built Up) dan terkenal dengan performanya yang konon lebih oke ketimbang yamaha scorpio keluaran baru yang sudah CKD (Completely Knock Down). Pada Saat itu Yamaha mengeluarkan Scorpio bertujuan untuk menjadi suksesor yamaha RX king yang sangat melegenda dengan performa nya yang sadis.
Pada saat itu, Pada tahun 2003 ini sebenarnya sudah mulai masuk versi facelift nya dengan menggunakan warna duo tone dan stripping baru, Tetapi Bluspit tetap memutuskan untuk meminang yang versi pertama ini. karena memang tertarik dengan warna nya yang polos dan tidak rame.
Berhubung tangan Bluspit yang gatal" Scorpio ini pun tidak di biarkan standar, buanyak part-part modifikasi yang silih berganti , tetapi jika Bluspit membahasnya satu demi satu kayaknya kelamaan , jadi Bluspit akan membahas di akhir modifikasi saja.
Berikut modifikasi yang Bluspit lakukan pada yamaha Scorpio 2003ini :
Body dan Exterior :
Pada sektor ini Bluspit mengganti tangki lama yang modelnya kotak, dengan tangki scorpio Z keluaran 2009 dari dieler, dikarenakan memang tangki lama sudah mulai keropos dan bocor, selain itu tangki scorpio Z memang terlihat lebih besar dan gagah, karena warna tangki yang hitam legam, kemudian warna bodi pun ikut di semprot warna hitam yang juga meliputin sektor mesin, tabung skok, Foot Step, dll
Kaki-kaki :
Untuk kaki kaki, velg memakai aftermarket keluaran V-Rossi dengan lebar 4.5" di belakang dan 3" pada sektor depan. Velg ini sebenarnya aftermarket untuk yamaha Vixion , jadi harus ada penyesuaian pada sektor depan , yang memiliki diameter ass roda berbeda, Selain itu piringan cakram menggunakan piringan cakram aftermarket yang memiliki ukuran lebih lebar dari standar nya.
Sementara itu untuk karet bundar memakai Swallow X-worm ukuran 150/60-17 pada bagian belakang dan ban depan memakai merk corsa S123 ukuran 100/70-17
Ukuran ban belakang yang sudah gambot otomatis tidak bisa di pasangkan dengan swing arm standar, maka dari itu Swing arm standar terpaksa di lengserkan dengan mengganti Swing arm buatan Kumis".
Mesin dan Perangkat Pendukung :
karena kaki kaki sudah gambot, mesin pun tidak di biarkan standar, harus ditingkatkan performanya dengan mengaplikasi piston high dome keluaran IZUMI dengan oversize 50, dengan penggunaan piston ini di harapkan adanya peningkatan kompresi, yang berhubungan dengan peningkatan torsi dan power mesin tersebut. Sebagai Kompensasinya BBm pun harus memakai BBm beroktan lebih tinggi dari Premium, semisal Pertamax dengan oktan 92 dan Pertamax Plus dengan oktan 95.
Untuk memeperlanar gas buang , menggunakan knalpot handmade dari Ari Jaya knalpot, sehingga membuat tenaga makin los sampai putaran mesin tinggi dan suara makin garang, Blaar...Blarr.....
Tenaga mesin yang sudah meningkat akan percuma jika perangkat penyalur tenaga di biarkan standar, perangkat ini adalah sektor kopling. Pada sektor kopling ini Bluspit menggunakan kampas dan per kopling keluaran dari TDR, dengan penggunaan kampas dan per kopling ini penyaluran tenaga mesin pun menjadi tanpa selip dan bisa makin melejit, tetapi memang kopling menjadi agak keras yang bisa bikin cepat lelah jari-jari.
Sementara itu otang pengapian (CDI) juga ikutan di upgrade dengan penggunaan otak pengapian keluaran dari BRT, yaitu CDI BRT tipe hyperband yang memiliki kurva pengapian lebih advans dan tentunya dengan limiter mesin yang lebih panjang, power band mesin pun menjadi lebih luas. Untuk Koil masi menggunakan orisinil bawakan scorpio yang berlabel 5BP yang konon juga sama dengan yamaha 125Z (Bebek 2-stroke), yang terkenal sanggup menghasilkan pembakaran lebih sempurna.
Sementara itu pada pada sektor aksesoris, cuman pemasangan stang keluaran posh supaya lebih menunduk dan di padu dengan Footstep underbone keluaran R-Pro, Untuk mendapatkan FS underbone ini cukup sulit sehingga harus beli online sampai ke jakarta
Untuk melayani tenaga mesin yang lebih besar dan juga bobot kaki-kaki yang makin gambot, Ranti sprocket ikutan di ganti dengan mengandalkan rantai merk SSS Gold Heavy Duty yang di rasa memiliki daya tahan lebih , segingga mampu melayani bobot berat dan tanaga mesin yang lebih beringas.
Salam Bluspit Bleh !!
habis berapa bro modifikasinya terus klo soal karbu cuman pake PE 28 gmna bro
BalasHapusvelg + piringan cakram = 1 jt /set
BalasHapusban = 800rb/ set
Swing arm = 700rb
FS underbone = 350 rb
handle rem+kopling = 150rb
CDI BRT = 350rb
KOSO 32 = 950rb
Per kopling + kampas kopling TDR = 75rb + 150rb
Piston IZUMI OS50 + Ring = 150rb + 200rb
Rantai SSS Heavy Duty = 185rb
Masalah karbu pakai PE28 banyak yang bilang sudah cukup, tapi kalau BLUSPIT bilang tetep kurang secara ukuran venturi yg aslinya sudah 30mm sementara PE28 cuman 28mm , Bluspit rasa 30mm - 32mm paling sip...cuman kembali lagi ke bro sendiri...thx
Bro footstep underbone vixion bisa dipasang di pio gk..ap ada yg bisa disubtitusi dr motor lain selain vixion??
BalasHapuskurang paham juga sih...tp kalo main akal2 pasti bisa aja...
HapusBro footstep underbone vixion bisa dipasang di pio gk..ap ada yg bisa disubtitusi dr motor lain selain vixion??
BalasHapuswow. scorpio gen 1 nih. jadi scorpio Z... π
BalasHapuskwkwkwkkw
Hapuswow. scorpio gen 1 nih. jadi scorpio Z... π
BalasHapusitu pio gak pake spakbor belakang ya gan. keren modelnya standar tp garang karna bannya gede.
BalasHapusthx gan hehehe....spakbor blakang nya di potong hehe
Hapussetting spuyer pilot jet sama main jet pakai berapa
BalasHapusUnderbone masih ada ga
BalasHapusCek olshop ub nya donk gan... minat sama ub nya.
BalasHapusOm minta link lapak yg jual underbone nya dongπ
BalasHapus