.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Rabu, 06 April 2016

Test Ride Suzuki Inazuma 250 Bro Akunk, Nyuaman !!



Entah ada angin apa ya, kemarin Bluspit diberi kesempatan untuk menjajal  4 motor langsung milik teman-teman Bluspit (Inazuma 250 , Pulsar 200NS, Ninja 150 RR, dan Tiger 2000). Lah mumpung di kasi kesempatan ya langsung samber aja jeh kunci kontak nya hehe. Kesempatan pertama datang dari Suzuki Inazuma 250 milik Bro akunk , Pertama kali Lihat langsung ini Motor , Byuuh Buongsor tenan iki, saking besar nya nih motor , sama sekali ga kedodoran atau kekecilan  saat dinaikin sama bro akung yang juga berukuran raksasa (Tinggi +- 185cm ; Berat +- 100kg), Oke langsung aja ke impresi :





Impresi Pertama :
Seperti yang Bluspit ceritakan di atas , bahwa ini motor ukurannya besar banget ,apa lagi jika dibandingkan dengan kompetitornya yang mengusung 250 cc Inline 2 silinder. Dengan Dimensi PXLXT = 2.145 x 760 x 1.075 (mm) ,ditambah dengan bobot kosong 182kg , ini banyak membuat Bluspit kagok , dan juga memerlukan usaha lebih saat akan memundurkan ini motor, sampai-sampai Bluspit belain Turun dulu dari nih motor, baru deh dorong pelan-pelan heheh, maklum sehari-hari kan naiknya Vega ZR yang cuman +- 100kg an. 

Sementara itu disisi detail-detai bodi nya Inazuma 250 amat sangat halus dan rapi (padahal dulu banyak yang meragukannya ,karena motor ini diproduksi  dari Tiongkok), didukung dengan garis bodi yang lebih ke arah elegan dibandingkan sporti, Motor bergenre Cruiser ini sangat Futuristik apabila kita lihat secara langsung, alias sangat tidak fotogenik , Trust Me !! Jaminan banyak orang menoleh hehehhe.



Untuk area dasbord alias Spidometernya, sekilas mirip dengan Satria FU karburator, karena tachometer masi analog di tengah dan sebelah kanannya ada penunjuk kecepatan(speedmeter), namun jelas lebih lengkap dan mewah, karena di situ juga terdapat gear position ,Fuel Meter, Jam, odometer , Twin Trip Meter , indikator perawatan berkala dan sebagainya. Sementara itu juga terdapat Shift Light yang dapat disetel dalam 3 mode, ECO, Normal, dan Standard.





Tes Ride
Pertama tama naikin nih motor, masukin kunci kontak untuk membuka kunci setirnya, lalu mau dimundurin dulu, walah karena bobot yg ora umum + kaki bluspit yang ga menapak sempurna (jinjit), akibat tinggi jok 780mm dan juga dimensi jok yang sedikit memaksa untuk sedikit mengkangkan , akhirnya wurung( Tidak jadi) mundurin motor dengan posisi itu. Akhirya bluspit turun dulu dari motor, baru deh dorong mundur pelan-pelan, sambil dibantuin bro akunk kwkwkwkw.



Setelah posisi nya oke, puter kunci kontak ke ON, langsung deh lampu utama + dasboard nya nyala, pencet engine cut off ke posisi On, tarik kopling, pencet starter, Bruuuuummmmm.... Wow bunyinya adem dan ngebas , Suara merdu ini lantaran sudah disematkan Free Flow Twin Muffler Remuz  slip On by Purbalingga. 

Langsung deh Tarik kopling dan masukin gigi 1 , begitu menggelinding nih motor , rasa ingin pencicilan langsung teredam maksimal dan jadi malah ingin nikmatin sambil santai nih motor, hal ini Bluspit alamin ,mungkin karena riding position nya yang bener-bener relax bin santai pol, posisi stang  sangat pas, tidak membuat membungkuk, setir kemudi tidak terlalu lebar seperti Byson 150, namun membuat posisi dada tegap membusung, cieh berasa berwibawa banget naik nih motor...hehehe....




Engine Caracter :


Disini Bluspit emang tidak bercerita Performa, bukan karena inferior, tapi memang keunggulan Inazuma 250 ini lebih ke kenyamanan berkendara dengan engine karakteristiknya yang super halus. Makanya Bluspit Menekan kan ke Engine karakteristik dari Mesin berkonvigurasi 2 silinder segaris ,SOHC, dengan ukuran bore x stroke = 53.5mm x 55.2 mm ini.

Setelah sedikit mengenali serta mempelajari, mulai deh sedikit melakukan akselerasi, untuk power delivery nya bener-bener smooth, halus banget. Gigi 1, naik 2, naik lagi 3 ga terasa uda 80-90kpj an (maklum mata Bluspit fokus di jalan, ngeri kalo ada apa apa) .Saat perpindahan gigi pun ga ada gejala terhentak, wes pokoke walus tenan power delivery nya. 

Karakter Gigi 1 nya persis kayak Satria FU karbu, pendek banget dan seperti powernya ga keluar , cepet sampe limiter dan harus memaksa Shift up ke 2. Untuk Gigi 2 oke, gigi 3 nya oke banget, untuk gigi 4-5-6 belum sempet ter-eksplore nih. Tp konon katanya AkunK panjang n ngisi.

Cuman pada saat Shift up, ada bunyi “gradaak”, pertama bluspit pikir karena human error , tapi memang begitu adanya, kayak moge aja nih , masukin gigi bunyinya keras “gradak”. Hal ini sempet Bluspit tanyain ke Bro akunk , ternyata emang begitu adanya.

Braking & Handling :
Kalau Handling emang harus hati-hati, apalagi yg kebiasaan pegang bebek seperti bluspit, namun dengan bobot 182 kg ini tanpa megalami gejala understeer alias kayak ngelawan gitu, jadi kalo mau dibelokin berat tapi pas udah belok ,stang kemudi seperti ada yang memaksa untuk belok maksimal alias mentok, hal ini berbeda sama kakaknya yang lahir terlebih dahulu Thunder 250 yang terjadi gejala understeer tersebut. Namun dengan bobot yang berat ini memang ya kita harus hati-hati dan namun kalau sudah kebiasaan bluspit rasa tak akan ada masalah, yang pasti handling nih motor “Uanteb” banget, stabil.

Soal Braking , Inasuma sudah dibekali dengan double diskbrake depan dan belakang keluaran Nissin, yah sejauh  Bluspit coba sudah sangat mumpuni banget, untuk menghentikan Inazuma yang berbobot 182 kg an. Namun yang sedikit nyegir adalah bocoran harga Brake pad orisinil nya yang dibanderol +-400rb an untuk depan dan +-300rb an di belakang. Sebenarnya bisa caplok dari motor lain seperti CBR250 dan new megapro yang harganya bisa lebih ekonomis, tapi demi keselamatan dan kenyamanan, Bro akunk memilih orisinil saja, karena menyangkut nyawa nih hehehe.



Kesimpulan
Ini motor kalau dibanderol 50jutaan sudah sangat worthed yah, kecuali anda-anda penggila speed. karena memang Inazuma 250 ini sebenarnya beda segmen dengan kompetitor yang bermain di sport fairing dan juga street Fighter, sementara Inazuma bermain di segmen Cruiser yang memang mengedepankan kenyamanan berkendara. Engine sudah sangat mumpuni untuk keperluan touring dan sangat halus dari berbagai sisi. Bobot motor agak berat perlu membiasakan diri. Sementara itu persneling agak kasar bunyinya saja.

Berikut Spesifikasi Inazuma 250 :

Mesin :   
Type  : 4 langkah, pendingin cair, SOHC
Jumlah Silinder : 2 (Dua)
Diameter Silinder : 53.5 mm
Langkah Piston : 55.2 mm
Kapasitas Silinder: 248 cc
Rasio Pengurangan Utama : 3.238 ( 68 / 21 )
Rasio Pengurangan Akhit : 3.285 ( 46 / 14 )

Rangka :       
Suspensi Depan: Teleskopik, per ulir, peredam oli
Suspensi Belakang: Lengan ayun, per ulir, peredam oli
Rake/Trail: 26u / 105 mm
Rem Depan/Rem Belakang: Cakram
Ukuran Ban Depan: 110/80-17M/C 57H
Ukuran Ban Belakang: 140/70-17M/C 66H
    
Dimensi 
Panjang Keseluruhan  : 2.145 mm
Lebar Keseluruhan  : 760 mm
Tinggi Keseluruhan  : 1.075 mm
Tinggi Jok  : 780 mm
Jarak Antara As Roda : 1.430 mm
Jarak Mesin ke Tanah : 165 mm
Berat kosong : 182 kg
Perbandingan  : 11,5 : 1

Sistem  
Bahan Bakar: Fuel Injection
Starter : Listrik
Pelumas : Wet sump

Transmisi      
Transmisi : 6-speed constant mesh

Kapasitas      
Kapasitas tangki bensin : 13.3 Liter
Kapasitas oli : 2.4 Liter

3 komentar:

  1. Salam orang baikku ......

    Nama saya Sartika Dewi dari kota Batan Miroto Semarang di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari Anda uang, saya mengajukan pinjaman sekitar 80 juta Rupiah dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka berulang kali meminta pembayaran, saya membayar hampir 6 juta uang sehingga saya tidak mendapatkan pinjaman,

    Terima kasih kepada Allah, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman dari REBACCA ALMA LOAN COMAPANY, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada Mrs. Rabacca Alma, dan saya menyerahkan 200 juta rupiah, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya mendapat pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan.

    Jadi saya menyarankan semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu yang baik dan dengan rahmat ALLAH. Dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman.
    Ny. Rebacca Alma, melalui email: rebaccaalmaloancompany@gmail.com
    Mrs. Rebacca Alma Nomor Whatsapp: +14052595662

    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email:
    TESTIMONI OLEH Penerima Manfaat: Sartika Dewi
    Email: {sartika2dewi89@gmail.com}
    Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga Allah terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    Assalanualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  2. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  3. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus