.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Jumat, 19 Juni 2015

Era Euro 3 , Kawasaki Malah Luncurkan Mini Trail 2-Tak !!




Di jaman Euro 3 ini, motor trail Kawasaki 2-tak masih eksis hingga sekarang. Ini terbukti dengan Kawasaki Motor Corporation yang belum lama ini merilis All New Kawasaki KX100. Varian trail 2-tak ini jadi pelengkap line-up yang dimiliki Kawasaki, bradsis..
Model All New Kawasaki KX100 ini disebutkan mengambil basis dari model KX85/KX85-II. Soal kemampuan mesinnya, pihak Kawasaki mengklaim KX100 2-tak ini punya power yang lebih besar dengan mesin satu silindernya.

Mesin yang digunakan oleh Kawasaki KX100 adalah silinder tunggal dengan kapasitas 99 cc, 2-stroke, dan berpendingin cairan, yang digerakkan dengan sistem transmisi manual 6-percepatan. Beberapa keunggulan Kawasaki KX100 antara lain menggunakan silinder yang sudah dilapisi Nikasil dan dua buah KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System), mirip seperti SKIPS pada Kawasaki Ninja 150. Selain itu, Kawasaki KX100 menggunakan radiator berkapasitas besar untuk meminimalisir overheat pada saat balapan mas bro


Desain bodinya masih khas trail Kawasaki sebelumnya yang punya ciri simpel dan ringkas. Dipadukan dengan ergonomi dan handling yang dimiliki KX100, motor ini diklaim cocok buat pemula yang gemar motocross, bradsis.

Yah, namanya juga motor kompetisi, tentu saja Kawasaki KX100 menggunakan sasis yang memang capable untuk balap motocross. Suspensi depan menggunakan model upside down (USD) berukuran 36 mm yang bisa di-setting tingkat kekerasannya, serta suspensi mono shock di bagian belakang yang juga bisa diatur tingkat kelenturannya, lengkap dengan sistem Uni-Track yang khas dari Kawasaki. Karena Kawasaki KX100 tergolong sebagai motor untuk pemula, ban yang digunakan berukuran 70/100-19 di bagian depan dan 90/100-16 di bagian belakang. Kedua roda itu dilengkapi dengan sistem pengereman cakram untuk menjinakkan tenaga motor yang cukup liar.
Kawasaki KX100 2016 memang sudah diluncurkan oleh Kawasaki Jepang dan sudah dilempar ke pasaran dengan harga US$ 4.600 atau sekitar Rp 60 jutaan. Sayangnya belum diketahui secara pasti apakah motor itu bakal masuk ke Indonesia melalui Kawasaki Motor Indonesia (KMI) atau nggak. Kalau pun nggak masuk lewat KMI, sobat bisa mendapatkan Kawasaki KX100 melalui importir umum (IU), walaupun mungkin harganya jadi agak mahal. 

Di Indonesia pabrikan lagi gencar gencarnya menyuntik mati 2-tak yang konon tidak ramah lingkungan dsb, namun di Jepang sana yang peraturannya lebih ketat kawasaki malah berani menelurkan SE 2 tak. Ada apa dengan Indonesia?? masi ragu 2 stroke jika dikembangkan juga bisa ramah lingkungan ??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar