.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Jumat, 02 Februari 2018

Bluspit & Ninja R 150 2015 ( Motor Impian Yang Terealisasi ! ) (1)


Biacara Kawasaki Ninja R 150, Maka kita akan membicarakan motor impian Bluspit pada masa SMA silam, dan baru bisa terealisasikan  beberapa waktu lalu. Pada masa SMA Sebenarnya Bluspit sudah kepingin meminang Ninja R/S , namun harapan itu pupus karena Ortu tidak mengijinkan, sehingga akhirnya jatuhlah pilihan ke  yamaha scorpio 2003 generasi pertama yang terbukti kencang di kelas dan masanya (Honda punya jagoannya yaitu  Tiger 2000 dan suzuki dengan Thunder 250 nya),   namun masi saja diasapin sama 150cc 2 stroke macam NSR150, Ninja 150, RGR150. Yah memang sih bukan kelas yang sepadan (4 tak vs 2 tak) , tapi kalau sudah dijalan raya mana ada kelas-kelas an, yang ada ya menang atau kalah...hehehe...makhlum jaman mokong-mokongnya Bluspit...hehehe.





Motor ini Bluspit dapatkan dari seorang sahabat pecinta 2 tak yang pada saat itu sudah memiliki Ninja rr (fairing) &  Ninja R. Nah kok tiba tiba ada rencana dan keingin dari sahabat Bluspit itu untuk melepas nya ( Ninja R), Kemudian iseng-iseng Bluspit bicara dengan menteri keuangan (Istri tercinta), lah kok menteri keuangan nya ikutan tertarik,dan malah mau membantu masalah dana, Bluspit pun sumringah cak !!!  akhirnya tanpa waktu lama, negosiasi pun terjadi , namun  terdapat kendala di dana Bluspit yang tidak cukup, namun kok ya ada juga “dewa rejeki” yang  membantu Bluspit Hingga akhirnya Ninja R 2015 ini bisa nangkring di rumah.

Ninja R 2015 ini cukup spesial kondisinya, sangat-sangat terawat pol, ya makhlum sahabat Bluspit ini orangnya “Ngeramut” , bahan bakar selalu pertamax, oli samping pakai Motul 510, oli transmisi juga pakai motul 5100, jadi bisa dipastikan mesin sehat pol dan standar tulen. Odometer pun masi 2.7XX, wah masi reyen nih hehehe....Bicara bodi?? Wes mulus tenan ... wax nya aja pakai meguiar,  Top banget lah kondisi nya.

Sekarang akan kita bahas sedikit review fisik nya , yaitu dari sisi desain nya bro, mari kita simak sama sama :




Desain

Masalah desain Ninja R memang sudah ketinggalan jaman banget , dimana era sekarang bermunculan motor  streetfighter yang gagah dan kekar macam Xabre, cb150,Vixion,Duke200 sedangkan  Ninja R masih bertahan dengan desain lawas nya yang cungkring alias ramping.

Desainnya ini masi sama banget dari pertama kali muncur sekitar tahun 96-97 an, namun pada era tersebut ninja R sudah termasuk cantik di kelasnnya, sebut saja pabrikan suzuki ada RGR 150 dan pabrikan honda ada NSR 150 kotak. Jadi secara desain memang sudah ketinggalan jaman banget kalau di era sekarang, namun cantik pada eranya, yah kembali ke selera saja deh.

Masalah kaki-kaki, Motor street fighter  sekarang sudah mengandalkan Ring 17” dengan tapak lebar (biasanya , depan 2.50 ,belakang 3.50) , Sedangkan Si ninja R masi PEDE dengan kaki kaki cungkring nya  dengan diameter velg yang bervariasi baik depan 17” dan belakang yang 18”, Yah untungnya sudah dilengkapi  dengan cakram depan belakang dan desain velg palang 3 yang bluspit kira cukup cantik.
 


Untungnya, masi dapat sedikit update pada ninja R ini, yaitu ada pada Headlamp atau lampu utama nya. Lampu utama nya ini kalau dahulu kisaran tahun 1996-2000-an masi mengandalkan lampu bulat, namun mulai kisar tahun 2007 an lampu utama ninja R berubah , yah kalau orang bilang sih seperti batok barongsai, dan batok lampu utamanya ini terbilang cukup besar sih jika dibandingkan dengan keseluruhan dimensi bodi nya. Sementara itu Ninja SS masi tetap dengan lampu bulatnya.

Pada bagian tengah dan belakang, yaitu bagian tangki bahan bakar dan bodi belakang sampai dengan stop lamp masi sama persis , tanpa adanya update, Yah paling perubahan ada pada kisaran permainan warna dan stripping saja.



Sangat disayangkan memang kenapa kok desainnya ini tanpa perubahan yang ber arti mulai sejak 1996-2015 an terakhir di produksi, namun dibalik ini semuah mungkin KMI ingin mempertahankan desain old school nya yang karena mungkin masi mengusung mesin 2 tak yang dirasa kuno dan ketinggalan jaman pada masa sekarang, padahal kalo boleh kasi tahu ke bro sis nih, Baru –baru ini pabrikan KTM malah menelurkan motor special engine  bermesin 2 tak modern dengan pengkabut bahan bakar injeksi yang sanggup lolos EURO 4 loh, Jadi 2 tak itu kuno ? kayaknya kagak juga deh heheheheheh....

Sekian Dulu bro sis artikel ini saya buat, saya ucapkan banyak terimakasih ke Istri tercinta, sahabat & dewa rejeki, tanpa mereka ber 3,  mungkin Bluspit belum bisa menulis artikel ini.

Salam Bluspit Bleh !!


Bonus, Foto kondisi terakhir....kita bahas artikel selanjutnya...hehehe




Tidak ada komentar:

Posting Komentar