FXR150 By Jonas |
Sport bike 150cc sekarang memang lagi hot-hotnya , itu karena 2 raksasa produsen motor baru-baru ini telah memproduksi gacoan nya masing-masing. Bagi pabrikan Honda telah memproduksi CBR150 , sementara itu Yamaha memiliki R15, Namun kedua motor ini selalu hot untuk diperbincangkan, karena memang kedua sport bike tersebut memiliki beberapa keunggulan dan juga kekurangan.
Untuk CBR150 memiliki keunggulan, seperti mesin khas motor balap dengan sistem katup DOHC nya, namun tak luput dari kekurangannya yaitu penggunaan rangka trussframe (trellis) dan swing arm yang masi terbuat dari besi kotak. Sementara itu yamaha R15 memiliki keunggulan pada frame yang sudah deltabox dan penggunaan swing arm model banana arm. Hal-hal tersebut lah yang selalu di perdebatkan para biker tanah air.
Padahal Jika kita meligat ke belakang, pada era tahun 90 an , suzuki mempunyai sport bike yang termasuk lengkap di kelasnya, sport bike apa lagi kalo bukan FXR 150. Pada era tersebut Suzuki benar-benar all out dan membenamkan mesin ber-performa yahud 150cc DOHC yang sanggup menyemburkan tenaga sampai 20hp, rangka deltabox, swing arm banana dan spidometer full digital.Sementara itu pada era tersebut Honda CBR150, masi menggunakan swing arm kotak dan spidometer yang masi analog.
Hmm, Andai kata Suzuki Indonesia melihat peluang ini dan kembali membangkitkan FXR150 dengan spesifikasi di atas (DOHC, Deltabox, Banana arm, full digital speedometer) , plus(+) sistem pengkabutan yang sudah fuel injektion, dan jelas upgrade desain bodi yang lebih modern, peta persaingan Sport 150cc pun semakin seru.
Dengar-dengan selentingan sepertinya Suzuki memang mempersiapkan sport bike 150cc namun dengan nama GSX150 , hmmm seperti apa yah? mari kita tunggu.
Berikut Spesifikasi FXR 150 :
Berikut Spesifikasi FXR 150 :
Mesin
Tipe mesin : 4 tak, DOHC, berpendingin oil cooler, TSCC
Diameter x Langkah : 62 x 48.8 mm
Volume Silinder : 147.4 cc
Rasio Kompresi : 10.7 : 1
Max. Power : 20 hp (14.9 kW)/12.500 rpm
Max. Torsi : 12.5 Nm (1,27 kgf.m)/10.000 rpm
Karburator : Mikuni BS29 SS
Filter udara : Polyurethane foam element
Sistem starter : Elektrik dan kick starter
Pelumasan : Wet sump
Dimensi
P x L x T : 1.985 x 665 x 1.080 mm
Wheelbase : 1.325 mm
Tinggi jok : 760 mm
Tinggi dari tanah : 160 mm
Berat kering : 118 kg
Transmisi
Kopling : Basah, manual multiplat
Transmisi : 6-tingkat percepatan, constant mesh
Presneling : 1-N-2-3-4-5-6
Primary reduction ratio: 3.500 (70/20)
Tipe mesin : 4 tak, DOHC, berpendingin oil cooler, TSCC
Diameter x Langkah : 62 x 48.8 mm
Volume Silinder : 147.4 cc
Rasio Kompresi : 10.7 : 1
Max. Power : 20 hp (14.9 kW)/12.500 rpm
Max. Torsi : 12.5 Nm (1,27 kgf.m)/10.000 rpm
Karburator : Mikuni BS29 SS
Filter udara : Polyurethane foam element
Sistem starter : Elektrik dan kick starter
Pelumasan : Wet sump
Dimensi
P x L x T : 1.985 x 665 x 1.080 mm
Wheelbase : 1.325 mm
Tinggi jok : 760 mm
Tinggi dari tanah : 160 mm
Berat kering : 118 kg
Transmisi
Kopling : Basah, manual multiplat
Transmisi : 6-tingkat percepatan, constant mesh
Presneling : 1-N-2-3-4-5-6
Primary reduction ratio: 3.500 (70/20)
Final reduction ratio: 3.428 (42/14)
Gear ratios, Low: 3.000 (33/11)
2nd : 1.857 (26/14)
3rd : 1.368 (26/19)
4th : 1.095 (23/21)
5th : 0.923 (24/26)
Top : 0.800 (20/25)
Rantai : RK, 428HO, 132 mata
Chasis
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Lengan ayun
Sudut kemudi : 35º ke kiri dan ke kanan
Caster : 24º
Caster : 24º
Trail : 85 mm
Radius belok minimum : 2.6 m
Radius belok minimum : 2.6 m
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Cakram
Rem belakang : Cakram
Ban Depan : 80/90 - 17" 44S
Ban Belakang : 100/90 - 17" 55S
Kelistrikan
Ban Belakang : 100/90 - 17" 55S
Kelistrikan
Tipe pengapian : DC-CDI
Timing pengapian : 9º sebelum TMA saat 1.500 rpm
Busi : NGK CR8E atau Denso U24ERS-N
Aki : 12V 14.4 kV 4Ah/10 Hr
Generator : Flywheel magneto
Sekring : 20 A
Headlight: 12V 25/25W x 2
Timing pengapian : 9º sebelum TMA saat 1.500 rpm
Busi : NGK CR8E atau Denso U24ERS-N
Aki : 12V 14.4 kV 4Ah/10 Hr
Generator : Flywheel magneto
Sekring : 20 A
Headlight: 12V 25/25W x 2
Turn signal light: 12V 10W
Brake light/taillight: 12V 18/5W
Speedometer light: 12V 1.7W x 2
Turn signal indicator light: 12V 1.7W x 2
Neutral indicator light: 12V 1.7W
High beam indicator light: 12V 1.7W
Kapasitas
Tangki bensin dan cadangan : 18 liter
Cadangan bahan bakar : 3,4 liter
Penggantian oli berkala : 1 L
Penggantian oli dengan filter oli : 1.1 L
Penggantian oli berkala : 1 L
Penggantian oli dengan filter oli : 1.1 L
Salam Bluspit Bleh !!
sepertinya GSX150F powernya tidak sebesar FXR150.. semoga GSX150F masih punya keturunan GSX yang pakai rangka deltabox, DOHC engine, dan banana swing arm..
BalasHapusya moga aja gan...moga hp nya kisar 18-19hp...biar makin rame...kwkwwk
Hapuscobak sampeyan mampir ke suzuki indrapura maaas.....kok setiap saya ngelirik kesitu kayak ada motor sportnya
BalasHapusInazuma 250 kah?? atau moge bro?? soalnya suzuki sudah mulai jual moge...heheh
BalasHapus