.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Senin, 10 November 2014

Suzuki GSR-RR 2015 | With Crossplane Engine Sound !!


Musim balap moto GP tahun ini telah resmi berakhir, namun dengan melihat munculnya Suzuki GSX RR pada seri terakhir di Valencia kemarin, akhirnya membuat Bluspit penasaran. Yang membuat penasaran bukan karena pada waktu race berlangsung Randy De Puniet memutuskan masuk pit, karena teknikal problem, Namun karena suara mesin dari GSX RR tersebut.



Suara Mesin GSX RR tersebut jika kita dengarkan malah tidak mencerminkan suara mesin 4-silinder inline pada umumnya yang menggunakan Flat Plane Crankshaft, namun malah mirip seperti suara mesin YZR-M1 pacuan Valentino Rossi yang menerapkan Crossplane CrankShaft.



Dari beberapa sumber banyak yang menampilkan spesifikasi teknis mesin GSX RR 2015 ini, namun tidak dijelaskan secara gamblang apakah mesin yang dicangkokkan tersebut menggunakan Crossplane atau Flatplane, Kemudian Bluspit pun mencoba mencari-cari beberapa reverensi , dan memang sepertinya GSX RR ini menerapkan Crossplane Crank shaft . Seperti pada kutipan dari Cycle world berikut ini 

"What have we here? We see from the exhaust pipes that this is a transverse inline-Four, just like all GSX-Rs. That is a departure from Suzuki’s V-Four GSV-R MotoGP architecture. While the usual pipe arrangement for a flat-crank inline-Four is 4-into-2-into-1, this bike has two long-taper megaphones, each connecting to a pair of cylinders. That suggests this engine does not have a flat crank but instead is fitted with a 90-degree “crossplane” crank shown by Yamaha’s engineer Masao Furusawa to improve grip ".

Pada intinya jika mengacu kutipan di atas, dengan konfigurasi mesin 4 silinder inline biasanya (Flatplane) , selalu menerapkan desain konfigurasi knalpot 4-2-1, namun hal ini tidak ditemui pada GSX RR tersebut yang malah terlihat menyerupai YZR M1.

Namun lebih asik jika langsung mendengarkan langsung suara mesin GSXRR ini untuk lebih memastikannya , Monggo bro sis simak video berikut dan bandingkan :

GSXRR Moto GP Bike 2015 :
https://www.youtube.com/watch?v=lfE5cErBwYg



GSX 1000 R (Flat Plane engine ) :
https://www.youtube.com/watch?v=iVZZ8mIlIqI




Terdengar jelas kan perbedaan suaranya bro sis? monggo simpulkan sendiri hehehe

Berikut Spesifikasi GXR RR 2015 :


Salam Bluspit Bleh !!

2 komentar:

  1. blogspot sepi komen bro pertamaxxxx :D

    http://www.indomotorbike.com/2014/11/satria-fu-di-pasang-turbo-edan.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip bro...masi baru2 aja nulis...kwkwkw....lagian nulisnya sesuka jidat nih... :D

      Hapus