.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Senin, 12 Januari 2015

Balapan Gila, Dengan Motor Yang Gak Lazim !! | Sidecar |



Balapan gila dengan motor yang ga lazim !! yup, kata-kata itu yang terbersit di otak Bluspit saat melihat video di youtube. Balapan gila karena mereka balapan bukan di sirkuit tetapi di tengah kota dari sebuah pulau bernama mann yang masi dalam lingkup kerajaan Inggris dan event balapan tersebut biasanya kita kenal Isle of man TT .




Motor balap yang ga lazim, karena menggunakan motor yang dimodifikasi dengan memakai sespan , kalo bahasa kerennya Sidecar . Sementara itu basis mesin nya memakai mesin dari sport bike kelas 600cc (tergantung jumlah silinder) yang memiliki tenaga standar berkisar 130 hp yang sanggup di betot sampai top speed +270kpj , itu mesin masih standar, Tidak tahu kalau sudah oprekan kayak begini, wih serem !!!


Awal mulanya balapan ini diadakan pada tahun 1923 dalam event isle of man TT yang berlangsung 3 lap (113 mile) dan dimenangkan oleh Freddie Dixon dan penumpang nya T.W. Denney dengan capaian rata-rata kecepatan 53.15mph atau setara dengan 85.5 kpj yang cukup kencang pada masanya.


Balapan sespan ini selain menuntut kemahiran si joki tetapi juga menuntut kemahiran dari penumpangnya, jadi antara si joki dan si penumpang harus berkejasama dalam menaklukkan setiap tikungan dengan cara mengatur distribusi bobot.

Nah disini peran penumpang sangat berpengaruh, dengan pengatura distribusi bobot oleh si penumpang diharapkan motor dapat melaju kencang dalam melibas setiap tikungan tanpa takut terbalik karena adanya gaya sentrifugal.

Seperti apa peranan dan kerjasama si joki dan si penumpang? monggo simak gambar di atas dan video berikut ini :

https://www.youtube.com/watch?v=cyKadUfce34






Seru abis kan bro sis?? benar benar balapan yang sangat beresiko tinggi dan diperlukan kerjasama team yang kuat nih .

salam Bluspit Bleh !!

1 komentar:

  1. Balapan gila karena mereka balapan bukan di sirkuit tetapi di tengah kota dari sebuah pulau bernama mann yang masi dalam lingkup kerajaan Inggris dan event balapan tersebut biasanya kita kenal Isle of man TT .
    LukQQ
    Situs Ceme Online
    Agen DominoQQ Terbaik
    Bandar Poker Indonesia

    BalasHapus