.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Jumat, 21 November 2014

Yamaha 125 Z | Beringasnya 2 Stroke !!


Jika kembali ke tahun 2000 an, masi banyak motor-motor yang bermesin 2 stroke, yang terkenal dengan suara nya yang khas plus tarikannya yang seperti di jambak setan, nguacir pol. Namun di era sekarang motor-motor 2 stroke ini sudah tidak di produksi lagi, hanya ada Kawasaki yang masi memiliki produk 2stroke , yaitu Ninja 150 2 stroke.





Bebebrapa waktu yang lalu Bluspit yang pada saat itu perjalanan pulang kerja dari kantor di Jalan HR. Muhamad ,dengan mengendarai motor Vega ZR (Motor "perang" nih) secara santai , Kemudian terdengar suara motor 2 stroke yang akan menyalip Bluspit, dalam hati Bluspit , wah Ninja 150 ini , eh ternyata setelah nyalip Bluspit, terlihat bahwa motor tersebut bukan Ninja 150, tapi Yamaha 125 Z yang memang langka di pasaran, Bluspit pun berusaha menguntit untuk sekadar melihat dari dekat, wow jarang-jarang nih bisa lihat 125Z di kota surabaya.

Yamaha 125 Z merupakan bebek super keluaran pabrikan yamaha yang dimaksudkan untuk meredam dominasi dari Suzuki 120 R di kancah balap nasional pada kelas 2 stroke, Suzuki melakukan terobosan dengan mencaplokkan mesin saudara kembarnya yang terkenal kencang dari thailand RG Sport ke dalam Satria 120R dalam mendominasi balap Nasional.



Yamaha mendatangkan Yamaha 125Z dikarenankan bebek andalan yamaha di tanah air yaitu F1ZR keteteran dan kurang moncer, Sehingga diambillah jalan tersebut. Namun ternyata regulasi tidak memperbolehkan Yamaha 125 Z turun ke lintasan balap karena adanya perbedaan yang siknifikan antara F1ZR dengan 125Z, mulai dengan basis mesin dan desain rangkanya, otomatis karena tidak bisa di pakai untuk balap, masuknya 125Z ke Indonesia pun tersendat sehingga populasinya pun hanya sedikit.

Padahal Yamaha 125 Z ini bukan sembarang bebek, karena mesin tegak 2 stroke nya terkenal beringas dan kencang, mesin tersebut sanggup memuntahkan tenaga sampai 17.5 Ps pada 8000Rpm, terlihat biasa-biasa saja ya brosis, tapi jika melihat bobot motornya yang hanya 101kg, bisa di bayangkan PWR nya, apalagi 2 stroke selalu identik dengan slogan "Murah, Kencang" alias di colek-colek dikit dengan biaya yang murah, peningkatan tenaganya sangat siknifikan.

Yamaha 125 Z ini memang sudah di produksi lagi di tanah air. namun 2 tahun silan, saat bluspit ke malaysia, motor ini masi banyak sekali yang berkeliaran dan masi di jual di dieler yamaha Malaysia, jadi jika para biker 125Z kesulitan mencari Sparepart nya, bisa langsung meluncur ke malaysia.

BTW kenapa yah di malaysia motor ini masi di jual, sementara di Indonesia cuman ada ninja 150, sangat disayangkan , padahal penggemar motor 2 stroke masih banyak, dan kembali jika permasalahnnya karena boros, emisi gas buang, dll tetap ada solusinya kok asalkan dikembangkan, seperti artikel Bluspit sebelumnya :

http://bluspit.blogspot.com/2014/08/seandainya-2-stroke-engine-tetap.html

http://bluspit.blogspot.com/2014/08/ronax-500-nsr-500-yang-dibangkitkan.html

Video lengkingan suara Yamaha 125 Z :

https://www.youtube.com/watch?v=lDRjxoawfRQ

Top Speed 125Z:
https://www.youtube.com/watch?v=NiriI7LHxX4



https://www.youtube.com/watch?v=euAdmIY9gTI

https://www.youtube.com/watch?v=Hq_lYdxSheQ

Berikut Spesifikasi 125Z :

Mesin
Tipe mesin : Silinder tunggal mendatar, 2 tak, berpendingin udara
Kapasitas mesin : 124.3cc
Diameter x Langkah : 53.8 x 54.7 mm
Rasio kompresi : 6.5 : 1
Max. Power : 17.5 ps/8000 rpm
Max Torsi : 1.65 Kgf-m/7500 rpm
Karburator : VM22 SS
Starter : Kick starter
Sistem pelumasan : Autolube

Dimensi
Rangka : Twin steel tube, Underbone
P x L x T : 1.900 x 675 x 1.035 mm
Tinggi jok : 752 mm
Jarak terendah ke tanah : 135 mm
Berat kering : 101 kg
Caster : 27ยบ
Trail : 82 mm
Kapasitas tangki bensin : 5.5L
Kapasitas oli : 1.2 L oli samping, 850mL oli mesin

Kelistrikan
Battery : YB3L-B
Lampu depan : 12V 25W/25W
Sistem pengapian : AC-CDI

Transmisi
Tipe transmisi : 6 percepatan, constant mesh
Tipe kopling : Manual multiplat, basah
Rasio reduksi primer : 3.227
Rasio reduksi sekunder : 3.071
Rasio gear :
1st 2.833
2nd 1.813
3rd 1.368
4th 1.143
5th 1.000
6th 0.875

Kaki - kaki
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Cakram
Ban depan : 70/90-17" 38P
Ban belakang : 80/90-17" 44P
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Swing arm, monoshock

Salam Bluspit Bleh !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar