.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Senin, 13 Oktober 2014

Cara Kerja Supercharger Ninja H2 !!


Ninja H2 memang membuat semuah orang tercengang dengan keluaran tenaga yang sampai 300hp. Keluaran tenaga sebesar itu memang dibantu oleh seperangkat alat induksi supercharger, Nah seperti apa supercharger Ninja H2 ini bekerja? monggo di simak.



Screw Compressor

Pada umumnya supercharger dapat kita temui pada american muscle car yang sudah dimodifikasi. Sistem kerja supercharger memang memanfaatkan tenaga dari poros mesin (crankshaft), yang disalurkan pada kompresor, melalui belt (sabuk), Biasanya kompresor yang dipakai adalah kompresor dengan jenis screw .

Berbeda dengan Ninja H2 yang menggunakan sistem supercharger (memanfaatkan tenaga dari poros mesin) namun menggunakan kompresor dengan jenis sentrifugal dan ini merupakan kompresor yang sering ditemui pada sistem Turbocharger yang memanfaatkan tenaga dari semburan gas buang.

Centrifugal Compressor
Penggunaan kompresor jenis sentrifugal ini memiliki beberapa kelebihan seperti memiliki efisiensi yang baik dalam menghasilkan tekanan udara dan juga rendah nya suhu udara yang disemburkan ke dalam intake. Selain itu centrifugal compressor memang lebih cocok untuk mesin yang high RPM (Rpm tinggi) karena kemampuannya untuk terus membangkitkan dorongan (boost) pada rpm tinggi sekalipun.

Cara kerja Sentrifugal supercarger ini adalah dengan memanfaatkan tenaga putaran poros mesin yang sanggup berputar sampai 14.000 rpm, kemudian disalurkan ke step up gear yang sanggup berkitir sampai 16.000rpm. Setelah dari step up gear kemudian disalurkan ke impeller dengan bantuan rantai (seperti timing chain). nah pada impeller ini putarannya sanggup berkitir hingga 130.000rpm yang nantinya digunakan untuk memutar sentrifugal kompresor dalam menghasilkan dorongan (boost).

Selain itu centrifugal supercharger pada ninja H2 ini dilengkapi dengan sitem gear box yang berguna untuk membuat kompresor tersebut cukup cepat berputar dalam menghasilkan boost pada tiap rpm mesin tersebut . Sistem gearbox ini menggunakan perpindahan gigi secara otomatis yang bekerja pada rpm rendah dan juga pada rpm tinggi, widih makin njelimet nih... hehhee...

Pangen lebih tahu gimana cara kerja nya? langsung samperin video berikut ini :

Berikut Video Supercharger Ninja H2 :

https://www.youtube.com/watch?v=dRXIMQm6xcg


Gimana Bro sis? jelas kan?

Salam Bluspit Bleh !!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar