.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Selasa, 28 Oktober 2014

Project Napier | Honda Monkey Tercepat Dunia !!




Honda Monkey merupakan motor klasik yang unik karena memiliki ukuran yang terbilang mini (minibike), Namun Honda Monkey baru-baru ini mencatatkan namanya di buku sejarah sebagai motor tercepat pada jenisnya. Di bawah bendera OORacing, sosok mungil yang lucu dari si Monkey berubah menjadi sebuah motor bertenaga ganas 'pemangsa' lintasan lurus.

Project Napier adalah nama untuk menyebut proyek pembuatan Honda Monkey yang hampir mustahil ini. Dengan tetap mempertahankan sistem rangka orisinil Honda monkey yang berukuran mungil ini, menjadi tantangan tersendiri bagi Adrian Motimer.


Adrian Motimer adalah teknisi di balik Project Napier di bengkelnya yang bercokol di Sandwich-Kent-Inggris. Beliau sudah hampir 20 tahun mengembangkan teknologi mesin motor dengan mengaplikasikan turbo-charge multi-silinder. Honda Monkey pencatat rekor kecepatan ini dipertahankan tetap mengusung satu-silinder saja namun terjadi pembengkakan kapasitas ruang bakar menjadi  170cc.

Kendala utama dalam Project napier yang dihadapi yakni keterbatasan ruang di kolong rangka Monkey ini , Dengan Ruang yang terbatas ini memaksa untuk diselipkannya ECU, pompa bahan bakar, sensor lambda dan koil, intercooler, serta accu (baterai). 

Namun semua kendala itu bisa teratasi dengan baik dan terciptalah Honda Monkey turbo-charged yang mampu menghasilkan tenaga lebih dari 50 hp pada kitiran 7000Rpm. Sebagai perbandingan Ninja 250 FI hanya memiliki tenaga yang hanya mencapai 32hp, Wah cukup bengis nih bro sis.


Honda Monkey OORacing ini menjajal kecepatannya di benua Amerika tepatnya di lintasan Bonneville-Salt lake-Amerika Serikat. Catatan kecepatannya menembus angka 100 mph atau setara dengan kecepatan 160 kpj/kmh. 



Berikut Videonya :
https://www.youtube.com/watch?v=N_s_dhGRleg



Sangar Kan bro sis?

Salam Bluspit Bleh !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar