.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Rabu, 06 Agustus 2014

Norton NRV588 | Motor Bermesin Rotary Wankel |


Bila ingat mesin Rotary, maka akan selalu identik dengan mobil sport keluaran mazda , yaitu RX7 maupun RX8, dengan kapasitas mesin yang cuman 1300cc sanggup menyemburkan +250hp, cukup mencengangkan untuk melihat power outputnya jika di bandingkan mesin reciprocating angine (mesin memakai piston).

Nah, ternyata model mesin Rotary yang di temukan oleh Felix Heinrich Wankel berkebangsaan Jerman, pada tahun 1924 dan dipatenkan pada tahun 1929 silam ini, Ternyata juga sempat disematkan pada sepedamotor, salah satunya adalah pabrikan motor keluaran Inggris, yaitu Norton.



Pada tahun 1987 pabrikan Norton telah serius membuat mesin wankel ini dan cukup sukses di arena British Roadracing dan bahkan  kemenangan pada Isle Of Man TT, sebelum kemudian produsen ini bermasalah dan kemudian dibubarkan pada tahun 1994. Setelah lebih dari 20 tahun akhirnya Norton sepakat untuk membangkitkan kembali motor bermesin rotary wankel ini dengan nama NRV588, dan telah disematkan pula berbagai macam fitur tambahan seperti Traction control, Fuel Injection, Trottle by wire sehingga membuat Norton NRV588 ini kembali menjadi modern.

Mesin Rotary ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki mesin reciprocating biasanya yaitu dengan kapasitas yang sama maka power yang dimuntahkan jauh lebih besar, selain itu bobot mesin nya yang Ringan, kontruksi mesin yang simple, ringkas,kecil, ringan sehingga dapat mempengaruhi distribusi bobot, handling, PWR (power to weight ratio) motor tersebut.

Mesin teknologi tinggi ini Terdiri dari 2 rotor yang masing-masing ber kapasitas ruang bakar sebesar 294cc, sehingga kapasitas total nya menyentuh 588cc, sedangkan perangkat elektroniknya merupakan keluaran Omex ECU, dan memiliki Trottle Body berdiameter 36mm pada masing-masing intake nya, Sehingga sanggup memuntahkan power sebesar 165bhp @11.450 Rpm dan torsi sebesar 82 lb.ft @8200 Rpm.


Untuk melayani muntahan tenaga yang beringas ini, sasis terbuat dari aluminium aloy Twin Spar yang dikombinasikan dengan peredam kejut buatan Ohlins, baik pada suspensi depan dan belakang. Untuk urusan penghenti laju Norton mempercayakan pada sistem pengerema buatan AP Racing.

Ngeri bukan? cuman sangat disayangkan , Norton NRV588 ini tidak bisa mengikuti balapan, karena masalah regulasi yang ada, tetapi kita berharap dibuatnya replika dari NRV 588 ini supaya bisa street legal, bakal wow banget ni kalo bisa street legal, suara merdu rotary nya ga bakal bisa disamakan dengan mesin raciprocating apapun.






Berikut Spesifikasi nya :




Berikut nya mari kita lihat dan dengarkan seremnya mesin Rotari Norton NRV588 ini :




wih suerem kan bro sis? Knalpot sampe kek gitu, merah membara, suaranya...wow...serem abis....

Tambahan suapaya lebih memahami apa itu mesin Rotary :

https://www.youtube.com/watch?v=6BCgl2uumlI



Salam Bluspit Bleh aja deh !!

3 komentar:

  1. artikel bagus mas, :)
    minta ijin dibuat thread kaskus yah..
    saran saja, sebaiknya blogging menggunakan wordpress,
    karena lebih "ramah" terhadap pengunjung warung,
    saya 6kali coba post komentar ke blog ini via HP ga bisa2,
    kalo wordpress, sekali pencet, komentar terikirim..
    semoga blognya makin rame mas.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. thx sarannya gan...hehehe...oke deh monggo di share di kaskus, sekalian cantumin alamat blog saya yah gan, biar makin rame....thx

      sering2 mampir gan kwkwkkw

      Hapus
  2. minta link kaskus nya jg ya nanti....jos gan

    BalasHapus