.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Minggu, 10 Agustus 2014

RADIAL CHOPPER | MOTOR BER-MESIN RADIAL | BY JRL CYCLES


John Levey Selaku  pemilik JRL Cycles , Telah membuat terobosan baru, yaitu menyematkan mesin berkonfigurasi Radial ( biasa ada pada pesawat baling-baling pada jaman dulu) ke sebuah sepedamotor, yang ber genre chopper. Pada awalnya John Levey membuat radial chopper ini supaya terlihat "berbeda", dan kemudian menyadari bahwa mesin radial tersebut memiliki kelebihan seperti mesin bekerja dengan halus, minim getaran dan juga menghasilkan torsi yang berlimpah.





Mesin Radial sendiri adalah mesin pembakaran dalam, dimana silinder diletakkan berjajar mengelilingi poros engkol (kruk ass), seperti jeruji pada roda, seperti pada gambar di atas.

Pada awal pembuatan motor ini, yang terpenting adalah mencari mesin yang cocok, yang tidak memiliki dimensi terlalu besar. Setelah mencari-cari ,akhirnya Levey berhasil menemukan mesin yang cocok yaitu Rotec R2800 dari Australia, Mesin ini berkapasitas 2800cc dengan total memiliki 7 silinder yang sanggup menghasilkan power sebesar 110hp. 

Levey berniat memasangkan ke motor secara melintang (crossline), kemudian berubah pikiran dan akhirnya menancapkan mesin tersebut secara Inline / sejajar lurus dengan roda, karena dengan pemasangan secara sejajar ini memiliki berbagai keuntungan seperti mempermudah untuk merancang sistem transmisi daya ke roda belakang, karena tanpa harus merubah beberapa kali arah gerak transmisi daya tersebut.


Mesin Rotec 2800 cc ini memiliki powerband yang luas, meskipun power sebesar 110hp yang dihasilkan mesin berkapasitas 2.8L ini terlihat biasa-biasa saja, tetapi mesin Rotec ini sanggup menghasilkan torsi badak sebesar 160 lb-ft, torsi sebesar ini hampir sama dengan 2x besaran torsi yang dihasilkan mesin V-twin standar. Levey meng-Claim bahwa motor ini sanggup berakselerasi sampai 100mph (+-160kpj) pada gigi-2, dan lebih dari 50mph (80kpj) pada gigi-1 .



Berikut spesifikasi lengkapnya :


ENGINE 
Displacement: 171 cubic inches, 2800cc
Horsepower: 110
Cases: Rotec Engineering
Flywheels (make & stroke): Rotec 3.15" 
Balancing: Naturally
Connecting rods: Straight up master (solid rod #1 cylinder) all other rods articulating to the master rod assembly - all rods use the same bearing. 
Cylinders (make & bore): Rotec 3.15" 
Pistons (make & comp. ratio): Rotec 8.5:1
Heads: Rotec billet aluminum
Cam (make & lift): Rotec cam ring
Valves, rockers, lifters, pushrods: Rotec
Carb: Bing 40mm altitude compensating
Air cleaner: JRL
Exhaust: All Metal Manufacturing / Exhaust Pros of Rapid City
Ignition: Dual ignition magneto and electronic two plugs per cylinder
Coils: Stock automotive
Charging: ND alternator
Regulator: ND
Oil pump: Rotec mechanical supply pump and VDO electric scavenge pump
Cam cover: Rotec
Primary cover: JRL

TRANSMISSION
Year/model: 2005 Baker RSD
Gears: 6 speed overdrive "R" Ratio
Mods: 1" offset final drive pulley
Clutch: Hydraulic
Primary drive: JRL / Primo extended length 1.75" wide 8mm
Final drive: extended length 150 tooth belt 65 rear pulley

CHASSIS
Frame: JRL / Daniel Gylten / All Metal Manufacturing
Rake: 43 degrees in the neck, 7 degrees in the tree
Stretch: 6" 
Front forks: Goldammer
Front wheel (size and make): Sturgis 21" 
Rear wheel (size and make): Sturgis 18" 
Front brake: 13.5" PM rotor and 6 piston caliper with Sturgis Wheel inner section
Rear brake: PM caliper and Sturgis Wheel rotor drive side
Front tire (size and make): 90 / 90 21" Avon
Rear tire (size and make): 300 / 35 R18 Avon
Front fender: Milwaukee Twins
Rear fender: JRL / Milwaukee Twins

ACCESSORIES
Headlight: Adjurl 5.75"
Taillight: JRL
Fuel tank: Twisted Choppers
Oil tank: 5 qt
Handlebars: Harley Davidson V-Rod
Risers: JRL 3" 
Seat: Roy Keith Classics
Pegs: Milwaukee Twins
Speedo: Functional Air Speed Indicator
License bracket: JRL
Hand controls: Excel
Foot controls: Milwaukee Twins


Berikut Video motor bermesin radial ini :








Mantab kan ...Saudara-saudara... hehehe

salam Bluspit Bleh !!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar