.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Senin, 25 Agustus 2014

YAMAHA OX99-11 | Supercar buatan Yamaha !!


Setelah kemarin Yamaha Membantu Toyota dalam meracik mesin untuk sebuah supercar yang fenomenal, seperti Lexus LFA :
http://bluspit.blogspot.com/2014/08/lexus-lfa-supercar-ber-mesin-yamaha.html

Ternyata sebelum itu Yamaha juga pernah meracik sendiri supercar buatannya sendiri yaitu Yamaha OX99-11.

Yamaha Meracik supercar ini di latar belakangi karena Yamaha ingin membuat Supercar yang Sempurna" dengan memakai basis teknologi saat dahulu Yamaha pernah terjun di arena balap jet darat F1, Sebelumnya Yamaha memang pernah turun di F1 pada tahun 1989 dan bekerjasama dengan tim  balap Zakspeed dan Tyrell sampaio dengan tahun 1997. Pada saat itu Yamaha masih belum banyak dikenal karena memang pada saat itu mereka jarang menang meskipun telah memakai pembalap tangguh seperti Demon Hill dan Ukyo Katayama.




Pada tahun 1991 Yamaha Bersama dengan kontruktor mobil legendaris yaitu Brabham, telah membuat mesin ber konfigurasi  V12 dengan kode OX99, dan Insinyur Yamaha pun berpikir apakah mesin ini dapat digunakan untuk mobil di jalan raya.

Kemudian , Yamaha kembali bekerjasama dengan perusahaan dari jerman dalam membangun sasis aluminium untuk proyek OX99 ini, namun Yamaha merasa kurang puas karena dirasa kurang unik dan jugatidak sesuai dengan tren sport car pada masa itu.

Tidak berhenti di sana, akhirnya yamaha menemukan partner yang tepat dalam membangun sasis untuk OX99 tersebut, yaitu IAD  yang merupakan konsultan berspesialisasi di bidang otomotif yang berasal dari Inggris, yang telah membangun beberapa sport car yang telah sukses, salah satunya adalah Mazda Miata.



Tim rahasia (proyek ini baru diketahui beberapa bulan kemudian saat launching oleh Yamaha) yang dibentuk Yamaha sendiri, berlokasi di Inggris, dan banyak memakai jasa-jasa profesional, seperti Robin Herd, manajer dari tim F1 March, Tino Belli, spesialis aerodinamika yang juga dari March, serta kru-kru yang sebelumnya berpengalaman membangun mobil balap kompetisi

Akhirnya, IAD berhasil mewujudkan sebuah mobil prototip OX99. Konstruksinya cukup mencengangkan, yaitu memiliki sasis tabung berbahan karbon fiber yang dibuat oleh DPS Composite, single seater serta berwujud sangat pipih, mirip sekali dengan Formula 1

Namun yang paling dahsyat, tentu saja di mesin OX99 ini sendiri. Mesin V12 berkapasitas 3500cc, yang dilengkapi dengan 5 valve (klep) pada setiap silindernya. Mesin ini  sama dengan yang dipakai tim Formula 1 Jordan pada musim 1992 ,dan mampu memuntahkan tenaga sebesar 400hp (300kw) pada putaran mesin 10.000Rpm dan Torsi badak sebesar 400nm pada putaran mesin 6500rpm.



Power Besar ini di transmisikan ke roda belakang menggunakan transmisi tipe manual dengan 6 tingkat percepatan, Tidak heran OX99 ini sanggup ber akselerasi dari diam sampai dengan 100 Kpj hanya membutuhkan waktu yang singkat yaitu 3.2detik saja dan dapat di pacu sampai topspeed sekitar 350kpj, cukup mencengangkan jika kita melihat jamannya. wow...kan bro sis...

Sayangnya, setelah beberapa tahun ditangani oleh IAD, Yamaha merasa budget yang dibutuhkan oleh IAD terlalu besar. Akhirnya, proyek OX99 dicabut dari pihak IAD, dan Yamaha membuat tim khusus di Inggris, bernama Ypsilon Technologies sebagai konstruktor terbaru OX99



Ypsilon Technologies, yang memakai beberapa kru tim balap Aston Martin, diberi tenggang waktu hanya 6 bulan dalam membuat OX99 sebagai mobil yang utuh, agar sesuai dengan rencana Yamaha yang meluncurkan mobil jalan raya pertama pada tahun 1994

Selain tenggang waktu, masalah lain muncul & lebih berbahaya : Krisis ekonomi yang melanda industri Jepang. Yamaha sendiri, akhirnya memutuskan menghentikan proyek ini, dan berencana menghidupkannya kembali pada tahun selanjutnya, dan akhirnya ditutup pada tahun 1994




Sayang sekali harus di hentikan...wew...Padahal belom di produksi masal deh...hmm

Berikut Spesifikasi lengkap nya :

Engine:
Yamaha 3.5 litre V12 (De-tuned version of Formula 1 engine). Approx 400bhp at 10,000 rpm.
Chassis
Carbon Fibre “tub” with engine mounted directly to rear bulkhead (Manufactured by DPS composites)
Body
Aluminium panels hand made using traditional rolling techniques and hammer form tooling.
Front Suspension.
Double wishbones from Aero section steel tubing, fabricated uprights, push rods to inboard coil over damper units
Rear Suspension
Double wishbones from Aero section steel tubing, fabricated uprights, push rods to inboard coil over damper units mounted directly on gearbox.
Transmission
FF Developments 6 speed transaxle with limited slip differential and multi-plate AP racing clutch
Brakes
AP Racing 6 piston (Front) and 4 piston (Rear) billet machined calipers with Cast Iron discs.
Wheels
Magnesium Alloy
Tyres
Goodyear Eagle F1
Interior
Single central seat with small “pillion” seat just behind and to one side of the driver. Minimal trim
Door
Single “Gullwing” door


Nah sekarang mari kita simak Video nya Bro sis :





Mantab kan bro sis...

Salam Bluspit Bleh !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar