.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Senin, 04 Agustus 2014

RONAX 500 ( NSR 500 Yang Dibangkitkan Kembali ! )

Siapa yang tidak ingat jaman GP500? Siapa yang tidak ingat ke digdayaan Honda NSR 500, tunggangan Mick Doohan dan Valentino Rossi? 



Di jaman sekarang yang modern memang 2 stroke sudah mulai di tinggalkan, dan beramai rami pindah ke 4 stroke, Moto GP pun sekarang 4 stroke.

Nah, bagi pecinta 2 Stroke bisa bernostalgia lagi, Dengan jaman keemasan 2 stroke pada waktu itu.
Mimpi ini berhasil diwujudkan oleh Ronax motorcycle, sebuah perusahaan motor asal Jerman yang mereinkarnasikan sosok serupa dengan sang legenda Honda ini. Ronax 500 adalah nama motor yang baru beberapa waktu yang lalu diperkenalkan ke publik dunia.



Tapi jangan sebut Ronax 500 dengan nama replika Honda NSR500 karena jelas beda pabrikan, meskipun motor sport ini memiliki kesamaan rupa. Ronax sengaja mengusung bodyworks yang sebagian besar sama dengan tunggangan Rossi ini untuk mengenang kejayaannya dengan mesin 500cc 2-stroke 'terbuas' di eranya, dan yang pasti sudah street legal, jadi bisa di gunakan di sirkuit maupun jalan raya untuk merasakan kebuasan nya.
Ronax 500 hanya diproduksi 46 unit saja di dunia. Angka ini merupakan indikasi kuat yang merupakan bentuk penghargaan atas segala prestasi Rossi di MotoGP waktu silam. 
Ronax company berkomitmen untuk menghidupkan kembali legenda mesin 2-stroke namun dengan bekal perkembangan teknologi terkini untuk mencapai performa optimal yang diperbolehkan dikendarai di jalanan umum.


Benar saja, Ronax 500 yang dibekali dengan mesin 499cc, 2-stroke, 4-silinder, 80 derajat kemiringan, mesin-V ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 160 hp pada 11500 rpm. Sebenarnya angka ini kurang beringas jika dibandingkan dengan performa motor 500cc 2-stroke terakhir yang pernah diproduksi yakni berkisar antara 180-200 hp.

Berikut spesifikasi Ronax 500:

Engine
  • Engine : 2-stroke, 4 cylinders, 80 degree V-engine, two counter-rotating crank shafts
  • Engine body : aluminium, milled
  • Cubic capacity : 499ccm
  • Stroke/bore : 54,5/54
  • Performance : 160 hp at 11500 rpm
  • Fuel supply : map-controlled fuel injection. Two different mappings: sport and rain
  • Ignition : map-controlled cdi unit
  • Starter : electronic starter
  • Exaust : four tuned pipes, steel
  • Transmission : 6 gear cassette gearbox
  • Clutch : multi-disc clutch in oil bath
Secondary drive : chain

Chassis

  • Frame : aluminium bridge frame, CNC processed, steering head fully adjustable
  • Swing arm : aluminium
  • Suspension front : 43 mm Öhlins upside-down suspension fork
  • Suspension rear : Öhlins TTX
  • Rims : forged aluminium 17“, front 3,75, rear 6,0
  • Brakes front : Brembo Monoblock, forged aluminium, 4 pistons, floating 320mm disc
  • Brakes rear : Brembo, forged aluminium, 2 pistons, 210mm disc
  • Steering-damping : Öhlins
Melihat Spesifikasi Ronax 500 ini sudah memakai Fuel Injection pada supply BBM nya, dan dilengkapi dengan 2 mapping (Sport dan Rain) untuk mempermudah pengendaraan di segala medan , selain itu juga dilengkapi Electronic starter, jadi kalo starter sudah tidak perlu engkol-engkol lagi macam ninja 150 RR dan menggunakan alat tambahan seperti kendaraan Moto GP, tinggal pencet....bbruummm...

Apalagi sasis n swing arm sudah terbuat dr aluminium dengan menggunakan proses CNC dan di topang suspensi buatan dari Ohlins, dan untuk menhentikan laju Ronax 500 ini menggunakan sistem pengereman keluaran  Brembo...wow... part-part yang nempel kelas wahid semuah...ga salah kalau harganya selangit...


Anda ingin meminangnya? Kalau begitu siapkan 'kocek' lebih dalam , karena Ronax 500 ini dibanderol dengan harga sekitar €100,000 .

Berikut Video dr youtube :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar