.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Jumat, 05 September 2014

EBR 1190 RX | Superbike Amerika !



Mungkin banyak orang yang tidak mengenal merk motor satu ini, yaitu EBR (Erick Buell Racing). EBR sendiri merupakan singkatan dari Erick Buell Racing yang bukan produsen sepedamotor yang berasal dari jepang, italia ataupun jerman tetapi melainkan berasal dari negeri Paman Sam yaitu Amerika. Awal mulanya EBR itu adalah Buell yang merupakan anak perusahaan dari Harley Davidson dari Amerika yang terpaksa di suntik mati pada tahun 2009 lalu .





Kemudian dengan dikepalai oleh Erick Buell dan dengan hanya 13 karyawannya yang bekerja di timur troy, Wisconsin, membuat gebrakan dengan menciptakan superbike nya yang pertama yaitu 1190 RS yang dijual dengan terbatas 100 unit saja dengan harga $39,999.

Menciptakan superbike yang bisa bersaing di pasar internasional merupakan rencana yang selalu diinginkan oleh EBR. Kemudian dengan bekerjasama dan mendapatkann suntikan dana dari perusahaan sepedamotor asal India yaitu Hero Motors, EBR pun akhirnya mampu meningkatkan jumlah karyawannya menjadi 140 orang hanya dengan waktu 1 tahun, EBR pun siap untuk melangkah ke jenjang berikutnya.


Menu pertama adalah merevolusi produk prototipe nya pada bulan mei 2010 silam yaitu tipe RS dan barracuda , yang dimaksudkan mempermudah penggila superbike untuk mendapatkannya. Jenis Baru Superbike 1190 RX pun diciptakan dengan berpakaian carbon fibre yang di desain sangat eksotis dan menggunakan lebih dari 426 part baru dan jelas lebih modern ketimbang model RS 2 tahun silam.

Varian RX ini menggukan mesin dari perusahaan Rotax dari negara Austria, yang berkonvigurasi V-Twin dengan sudut 72 derajat, yang berkapasitas 1190cc , yang sanggup mengeluarkan tenaga mencapai 185 Hp (on Crank) pada kitiran 10.600Rpm  dan juga mampu membangkitkan torsi badak sebesar 101.6 Lb.ft (137.8 Nm) pada putaran mesin 8.200Rpm. Widih ganas banget nih....Sementara itu untuk dimensi Bore x Stroke nya adalah 106 mm x 67.5 mm dengan rasio kompresi sebesar 13.4 : 1 , widih besar banget nih, kudu nenggak oktan 95 keatas kayaknya.


Rotax menyematkan sistem Controlled Swirl Induction Technology pada mesin ini, yang bekerja dengan cara membukanya salah satu katup titanium (titanium Valve) Lebih awal dari katup intake lainnya (total katup intake ada 2 dan katup  exhaust ada  2) , sehingga terciptalah efek putaran (swirl) yang membuat pembakaran lebih cepat dan juga lebih stabil.

Pada sistem pemasokan bahan bakar sudah EFI (Electronic Fuel Injection) yang mengandalkan 2 buah Trottle body keluaran dari dell'orto yang memiliki diameter 61mm, dan penggunaan injektor konvensional yang diletakkan dekat dengan intake valve .




Selain itu juga dilakukan modifikasi pada sektor gas buang dengan menggunkan secondary resonator yang membuat adanya peningkatan torsi pada pertengahan Rpm mesin, Sehingga mempermudah 1190RX ini untuk digunakan pada kehidupan perkotaan dan dipakai sehari-hari.

Seperti halnya mesin, Untuk Sektor sasis tetap menggunakan ciri-ciri ke unik dari Buells. Seperti halnya motor-motor Buells sebelumnya, 1190RX ini memakai sasis ber material dari aluminium yang memiliki kegunaan lainnya sebagai tangki bahan bakar. Sementara itu pada sistem suspensi mengandalkan Fork depan Upside down keluaran dari Showa yang dapat di setel sepenuhnya.

Pada sistem pengeraman 1190RX memiliki ke unikan dengan menggunkan piringan cakram yang besar dan menempel pada sisi luar velg dengan diameter 386mm dan diapit oleh kaliper dengan 8 piston keluaran dari merk Nissin, Sementara itu pada sisi belakang memakai piringan ukuran 220mm yang diapit oleh kaliper 2 piston.

Dengan bobot ringan yaitu cuma 190kg (wet, no fuel), 1190 RX didukung oleh velg berbahan aluminum cor dan juga subframe berbahan magnesium yang membantu memusatkan distribusi bobot motor ini.

mantab kan bro sis , kalo minat siapkan bujet $18.995 atau sekitar 228juta rupiah. heheh

Berikut Video nya :

http://www.youtube.com/watch?v=g5UO5LEWf54


http://www.youtube.com/watch?v=nBGkaREhCwE




Berikut Spesifikasi nya :1190RX 

Engine

Type
ET-V2: 72° V-Twin, Liquid Cooled, Four-stroke
Bore x Stroke
4.17 in. x 2.66in. (106 x 67.5 mm)
Displacement
72.6 cu in. (1190cc)
Compression Ratio
13.4 : 1
Fuel Delivery
Electronic Fuel injection with 2 port injectors and 2 showerhead injectors
Exhaust
Primary + Secondary
Peak Torque
101.6 ft-lbs. @ 8200 rpm (137.8 Nm @ 8200 rpm)
Peak Horsepower
185 hp @ 10,600 rpm

Drivetrain

Primary Drive
Gear Drive 36/65
Final Drive
520 Z-ring chain, 16/41
Clutch
Hydraulic actuation, vacuum operated slipper
Transmission Ratios:
1st
2.46
2nd
1.75
3rd
1.38
4th
1.17
5th
1.04
6th
0.96

Dimensions

Overall Length
80.3in. (2040mm.)
Overall Width
29.0in. (737mm)
Overall Height
43.7in. (1110mm)
Seat Height
32.5in. (826mm)
Ground Clearance
4.7in. (120mm)
Rake
22.4°
Trail
3.80in. (96.5mm)
Lean Angle
55°
Front Tire
Pirelli Diablo Rosso Corsa 120/70 ZR-17
Rear Tire
Pirelli Diablo Rosso Corsa 190/55 ZR-17
Fuel Capacity
4.5 gal (17.lL)
Weight (Wet, no fuel)
419lbs. (190kg)
Load Capacity
375lbs. (170kg)

Chassis

Frame
Aluminum frame with integral fuel reservoir
Swingarm
Optimized stiffness aluminum
Front Suspension
Showa, inverted big piston front forks
Rear Suspension
Showa, single shock without linkage
Front Wheel
17 x 3.5 Aluminum
Rear Wheel
17 x 6.0 Aluminum
Front Brake
386mm (15.19in.) Single perimeter rotor, 8 piston inside-out caliper
Rear Brake
220mm (8.66in.) Disc, 2-piston Hayes Performance Brakes Caliper

2014 EBR 1190RX

MSRP
$18,995
Body Colors
Strike Yellow



Tidak ada komentar:

Posting Komentar