Mungkin banyak orang yang tidak mengenal merk motor satu ini, yaitu EBR (Erick Buell Racing). EBR sendiri merupakan singkatan dari Erick Buell Racing yang bukan produsen sepedamotor yang berasal dari jepang, italia ataupun jerman tetapi melainkan berasal dari negeri Paman Sam yaitu Amerika. Awal mulanya EBR itu adalah Buell yang merupakan anak perusahaan dari Harley Davidson dari Amerika yang terpaksa di suntik mati pada tahun 2009 lalu .
Kemudian dengan dikepalai oleh Erick Buell dan dengan hanya 13 karyawannya yang bekerja di timur troy, Wisconsin, membuat gebrakan dengan menciptakan superbike nya yang pertama yaitu 1190 RS yang dijual dengan terbatas 100 unit saja dengan harga $39,999.
Menciptakan superbike yang bisa bersaing di pasar internasional merupakan rencana yang selalu diinginkan oleh EBR. Kemudian dengan bekerjasama dan mendapatkann suntikan dana dari perusahaan sepedamotor asal India yaitu Hero Motors, EBR pun akhirnya mampu meningkatkan jumlah karyawannya menjadi 140 orang hanya dengan waktu 1 tahun, EBR pun siap untuk melangkah ke jenjang berikutnya.
Menu pertama adalah merevolusi produk prototipe nya pada bulan mei 2010 silam yaitu tipe RS dan barracuda , yang dimaksudkan mempermudah penggila superbike untuk mendapatkannya. Jenis Baru Superbike 1190 RX pun diciptakan dengan berpakaian carbon fibre yang di desain sangat eksotis dan menggunakan lebih dari 426 part baru dan jelas lebih modern ketimbang model RS 2 tahun silam.
Varian RX ini menggukan mesin dari perusahaan Rotax dari negara Austria, yang berkonvigurasi V-Twin dengan sudut 72 derajat, yang berkapasitas 1190cc , yang sanggup mengeluarkan tenaga mencapai 185 Hp (on Crank) pada kitiran 10.600Rpm dan juga mampu membangkitkan torsi badak sebesar 101.6 Lb.ft (137.8 Nm) pada putaran mesin 8.200Rpm. Widih ganas banget nih....Sementara itu untuk dimensi Bore x Stroke nya adalah 106 mm x 67.5 mm dengan rasio kompresi sebesar 13.4 : 1 , widih besar banget nih, kudu nenggak oktan 95 keatas kayaknya.
Rotax menyematkan sistem Controlled Swirl Induction Technology pada mesin ini, yang bekerja dengan cara membukanya salah satu katup titanium (titanium Valve) Lebih awal dari katup intake lainnya (total katup intake ada 2 dan katup exhaust ada 2) , sehingga terciptalah efek putaran (swirl) yang membuat pembakaran lebih cepat dan juga lebih stabil.
Pada sistem pemasokan bahan bakar sudah EFI (Electronic Fuel Injection) yang mengandalkan 2 buah Trottle body keluaran dari dell'orto yang memiliki diameter 61mm, dan penggunaan injektor konvensional yang diletakkan dekat dengan intake valve .
Selain itu juga dilakukan modifikasi pada sektor gas buang dengan menggunkan secondary resonator yang membuat adanya peningkatan torsi pada pertengahan Rpm mesin, Sehingga mempermudah 1190RX ini untuk digunakan pada kehidupan perkotaan dan dipakai sehari-hari.
Seperti halnya mesin, Untuk Sektor sasis tetap menggunakan ciri-ciri ke unik dari Buells. Seperti halnya motor-motor Buells sebelumnya, 1190RX ini memakai sasis ber material dari aluminium yang memiliki kegunaan lainnya sebagai tangki bahan bakar. Sementara itu pada sistem suspensi mengandalkan Fork depan Upside down keluaran dari Showa yang dapat di setel sepenuhnya.
Pada sistem pengeraman 1190RX memiliki ke unikan dengan menggunkan piringan cakram yang besar dan menempel pada sisi luar velg dengan diameter 386mm dan diapit oleh kaliper dengan 8 piston keluaran dari merk Nissin, Sementara itu pada sisi belakang memakai piringan ukuran 220mm yang diapit oleh kaliper 2 piston.
Dengan bobot ringan yaitu cuma 190kg (wet, no fuel), 1190 RX didukung oleh velg berbahan aluminum cor dan juga subframe berbahan magnesium yang membantu memusatkan distribusi bobot motor ini.
mantab kan bro sis , kalo minat siapkan bujet $18.995 atau sekitar 228juta rupiah. heheh
Berikut Video nya :
http://www.youtube.com/watch?v=g5UO5LEWf54
http://www.youtube.com/watch?v=nBGkaREhCwE
Berikut Spesifikasi nya :1190RX
Engine | |
Type
|
ET-V2: 72° V-Twin, Liquid Cooled, Four-stroke
|
Bore x Stroke
|
4.17 in. x 2.66in. (106 x 67.5 mm)
|
Displacement
|
72.6 cu in. (1190cc)
|
Compression Ratio
|
13.4 : 1
|
Fuel Delivery
|
Electronic Fuel injection with 2 port injectors and 2 showerhead injectors
|
Exhaust
|
Primary + Secondary
|
Peak Torque
|
101.6 ft-lbs. @ 8200 rpm (137.8 Nm @ 8200 rpm)
|
Peak Horsepower
|
185 hp @ 10,600 rpm
|
Drivetrain | |
Primary Drive
|
Gear Drive 36/65
|
Final Drive
|
520 Z-ring chain, 16/41
|
Clutch
|
Hydraulic actuation, vacuum operated slipper
|
Transmission Ratios:
| |
1st
|
2.46
|
2nd
|
1.75
|
3rd
|
1.38
|
4th
|
1.17
|
5th
|
1.04
|
6th
|
0.96
|
Dimensions | |
Overall Length
|
80.3in. (2040mm.)
|
Overall Width
|
29.0in. (737mm)
|
Overall Height
|
43.7in. (1110mm)
|
Seat Height
|
32.5in. (826mm)
|
Ground Clearance
|
4.7in. (120mm)
|
Rake
|
22.4°
|
Trail
|
3.80in. (96.5mm)
|
Lean Angle
|
55°
|
Front Tire
|
Pirelli Diablo Rosso Corsa 120/70 ZR-17
|
Rear Tire
|
Pirelli Diablo Rosso Corsa 190/55 ZR-17
|
Fuel Capacity
|
4.5 gal (17.lL)
|
Weight (Wet, no fuel)
|
419lbs. (190kg)
|
Load Capacity
|
375lbs. (170kg)
|
Chassis | |
Frame
|
Aluminum frame with integral fuel reservoir
|
Swingarm
|
Optimized stiffness aluminum
|
Front Suspension
|
Showa, inverted big piston front forks
|
Rear Suspension
|
Showa, single shock without linkage
|
Front Wheel
|
17 x 3.5 Aluminum
|
Rear Wheel
|
17 x 6.0 Aluminum
|
Front Brake
|
386mm (15.19in.) Single perimeter rotor, 8 piston inside-out caliper
|
Rear Brake
|
220mm (8.66in.) Disc, 2-piston Hayes Performance Brakes Caliper
|
2014 EBR 1190RX | |
MSRP
|
$18,995
|
Body Colors
|
Strike Yellow
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar