.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Kamis, 25 September 2014

R15 VS CBR150 | DESAIN



Kali ini Bluspit akan mengkompare antara dua motor sport yang lagi panas-panasnya di bicarakan oleh para biker tanah air, Tidak lain adalah Honda CBR150 yang sudah merupakan rakitan lokal dan juga Yamaha R15 yang lebih dahulu meluncur di Tanah Indonesia ini. Komparasi ini menitik beratkan pada masalah desain semata, monggo Bro sis simak :





Untuk bagian Fairing depan ini CBR150 terbaru menerapkan lampu dual keen eyes yang khas akan kakak nya yaitu CBR250, yang juga terinspirasi dari moge CBR1000, sementara itu R15 juga sudah Dual keen eyes yang lebih mirip dengan Yamaha R6. Pada CBR150 terlihat kopong pada daerah antara spatbor dan fairing atasnya, namun tertolong dengan adanya dudukan plat nomor pada daerah tersebut, sehingga fairing dan lampu pun tak terganggu oleh plat nomor, Sementara itu R15 memang terkesan kebih "Celup" pada daerah spatbor dan fairing atasnya , tetapi letak plat nomor yang diletakpan pada "jidat" ini membuat tampilan R15 sedikit terganggu.

Namun biasanya biker kita banyak akal sehingga masalah ini dapat teratasi dengan menempelkan plat nomor di balik wind screen pada yamaha R15, sementara itu kekopongan CBR150 dapat di atasi dengan memendekkan skok depan, mantab kan heheh.


Pada Spidometer kedua motor Sport 150cc ini menerapkan spidometer yang menggabungkan antara sistem analog dan digital. Untuk masalah keamanan kedua motor ini pun juga menerapkan kunci dengan pengaman ber magnet, sehingga lebih aman dari maling, Namun pada R15 sudah dilengkapi engine cut off dan passing lamp , yang tidak ditemui pada panel saklar milik CBR 150.

Setang kemudi sudah menerapkan stang tipe clip on / jepit namun kedua motor sport 150cc ini masi menerapkan setir di atas yoke ( T atas / Triple Clamp).


Di sektor buritan R15 terkesan lebih sporti dengan menerapkan jok yang murni bertingkat khas superbike yang dilengkapi dengan lampu belakang LED dan juga bentuk spatbor belakang kecil yang menggantung, namun tanpa di lengkapi pegangan belakang. Sementara itu bentuk buritan CBR150 lebih elegan kalem dan nyaman buat yang mbonceng , karena posisi nya tidak terlalu tinggi, untuk lampu belakang masi menerapkan lampu konvensional, tetapi bulitan CBR 150 ini dilengkapi dengan pegangan yang digunakan untuk menggeser-geser motor.


Foot step belakang CBR150 lebih cantik dengan menggunkan aluminium cor, sementara itu R15 masih menerapkan pipa bulat yang di las mati ke rangka, Untuk Swing arm R15 lebih keren dengan aluminium banana swing arm dan CBR150 masi menggunakan swing arm kotak ber material besi.

CBR150
R15
Untuk masalah Frame R15 menerapkan rangka dengan garis desain Twin spar / deltabox yang mencerminkan motor-motor Superbike dan motor balap pada gelaran Moto GP, sementara itu CBR150 menerapkan rangka Truss Frame / Trelis seperti motor-motor keluran dari pabrikan Ducati.

CBR150

R15
Untuk desain kenalpot R15 dilengkapi dengan penutup anti panas dari plastik anti panas dengan corak karbon dan dilengkapi emblem bertulis R15, sementara itu knalpot CBR150 berubah desain yang awalnya berbentuk kotak oval pendek , menjadi bulat-panjang dengan dilengkapi antipanas ber material besi crome.

Hayo, dipilih-dipilih bro-sis !! mana nih yang lebih keren??

Salam Bluspit Bleh !!



Sumber gambar : Otomotifnet, Gilamotor, TMC Blog

2 komentar: