.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Jumat, 26 September 2014

Gonjang-Ganjing Unggulnya Performa R15 Atas CBR150 | Versi Otomotif !!


Jagad Blogsphere dibikin geger karena tabloid Otomotif memberitakan hasil komparasi performa antara Yamaha R15 vs CBR150, dan pada hasil komparasi ini di menangkan secara mutlak oleh Yamaha R15, baik itu dari adu akselerasi, konsumsi BBm, sampai capaian hasil Top Speed. Bagaimana hasil komparasinya, Monggo Bro sis simak hasil nya berikut :




Berikut hasil lengkap komparasi tersebut :


Dari hasil komparasi tersebut memang terlihat baik dari segi, konsumsi BBm, data akselerasi dan top speed memang dimenangkan oleh Yamaha R15 sementara itu CBR150 hanya unggul dalam perolehan power di atas mesin dynamometer , sementara itu dalam sisi perolehan torsi kembali R15 lebih unggul.

Nah, yang bikin gonjang ganjing adalah banyaknya blogger senior yang sebelumnya telah melakukan tes terhadap Yamaha R15 dan CBR150, dan juga sempat menampilkan hasil komparasi performa kedua motor ini, namun hasilnya berbeda. Hasil nya CBR150 unggul mutlak atas R15, lah kok bisa?? 

Menurut Bluspit hal ini memang bisa saja terjadi, karena apa? karena memang performa kedua motor sport 150cc ini memang bedanya tipis banget, entah yang satunya DOHC maupun SOHC tapi kenyataanya memang seperti itu. 


Selain itu ada beberapa  faktor yang menyebabkan hasilnya bisa berbeda, seperti :

1. Yang melakukan komparasi berbeda : jokinya berbeda, alat uji beda
2. Unit motor nya berbeda : bisa saja seperti kejadian Yamaha R25 yang hasil dyno on wheel antara produk test dan produk masal terjadi penurunan tenaga (Hp & torsi).
3. Tempat / lingkungan / waktu dalam melakukan komparasi berbeda, hal ini mempengaruhi kelembaban udara, suhu dll, 
4. Performa tiap motor dan mesin yang keluar dari pabrikan memang tidak akan 100% sama persis antara 1 produk dengan produk lainnya.
5. Jumlah bahan bakar yang digendong, baik R15 dan CBR150 sama atau tidak.
6. Kondisi Motor sama atau tidak, sama sama baru dari deler, atau sudah melalui tahap inreyen dll
7. All new CBR150 basis mesin nya sama dengan CB150 & CBR150 versi thailand, sementara itu memang banyak video di youtube baik dari motorbeam dan choosemybike yang menampilkan R15 unggul atas CBR150 dalam balap drag race. 

Berikut Video nya :
1. CBR150 vs R15 by choosemybike :
https://www.youtube.com/watch?v=oVylHc4Wk90


2. CBR150 vs R15 by motorbeam :

https://www.youtube.com/watch?v=A9pmeA2XGaU



3. Pulsar 200 vs Pulsar 220 vs R15 vs CBR150R vs CBR250R vs Duke 200 vs Ninja 250R By motorbeam :





4. Yamaha R15 vs Pulsar 200 NS vs Honda CBR150R - Drag Race By motorbeam :
https://www.youtube.com/watch?v=lYoiiuLSatk


Hal ini memang tidak 100% akurat, karena versi lokal merupakan update dari versi thailand yang konon lebih kencang ketimbang versi thailand, tetapi sekali lagi basis mesin nya sama otomatis peningkatan performa juga tipis banget, alias ga akan beda jauh. Jadi ga ada salahnya kita melihat dan menerima hasil ilustrasi komparasi performa yang ada pada video tersebut, Karena hasilnya ga akan beda jauh-jauh dari itu.

Yah paling enak, sebaiknya kita tunggu para brogger senior juga melakukan apa yang dilakukan pada video di atas , dan juga data-data hasil keluaran dari race logic, hasil dyno dsb, jadi lengkap deh. Metode Dragrace kalo bisa jokinya juga saling tukar motor, supaya lebih akurat.

Pada intinya Bluspit ingin menyampaikan, sudah toh mau di bandingkan performanya sampai gimana -gimana toh hasilkan ga akan beda jauh . karena apa? karena kedua pabrikan membuat motor tersebut semaksimal mungkin (performa,durability dll) sesuai dengan banderol HARGA jual nya, lah kalo harga nya saja hampir sama otomatis performa ya kurang lebih sama, Istilahnya " ONO REGO ,ONO RUPO" (ada harga, ada rupa).

Salam Bluspit Bleh!!







2 komentar:

  1. di tabloidnya ada iklan one heart gak ?
    ada iklan plus foto markes gak ?
    ... oo.. pantes

    BalasHapus
    Balasan
    1. piye maksude gan?? heheh...gagal paham ane heehhehe

      Hapus