.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Senin, 25 Agustus 2014

CARBON 2 BY BROUGH SUPERIOR | JEREMY MCWILLIAM IS BACK !!


Kejutan besar dilakukan tim Brough Superior dalam mengikuti Moto2 seri ke-12 di Silverstone, Inggris (31/8) nanti. Dimana Jeremy McWilliams yang merupakan pembalap kawakan berusia 50 tahun, didaulat menjadi pembalap di tim tersebut.

McWilliams yang pernah membalap di MotoGP bersama team Proton-Roberts dan Ilmor ini akan bertarung dengan pembalap muda seperti Maverick Vinales, Tito Rabat dll. Tahun ini adalah kesempatan terakhir Jeremy McWilliams berkarir di ajang Moto2, Karena ajang ini memang membatasi umur yang mentok sampai 50 tahun , sedangkan Jeremy Mcwilliam pada musim depan umurnya sudah 51 tahun.






"Saya menerima tawaran tim Brough Superior untuk menolong mereka mengembangkan motor. Dimana dengan budget yang sangat terbatas, mereka ingin melihat sejauh apa mereka bisa berbuat ditengah gempuran tim-tim papan atas yang sangat kompetitif. Saya sudah beberapa kali membawa tim kecil yang dibawah ekspektasi, mampu meraih hasil yang lebih baik," papar McWIlliams.

Keikut-sertaan Brough Superior di ajang balap Moto2 tahun ini dengan lisensi wild card, patut diacungi jempol. Lantaran paket motor yang mereka tawarkan cukup inovatif. Meski menggunakan mesin dari Honda yang berkapasitas 600cc 4-silinder yang sanggup menyemburkan tenaga sampai 120 hp , namun desain bodywork lebih ramping dan penempatan radiator di bagian belakang-bawah jok, membuatnya terlihat unik.




Selain itu Carbon 2 yang merupakan nama dari motor keluaran Brough Superior ini menyematkan rangka bertipe monocoq yang terbuat dari Carbon Fiber , yang merupakan input dari engineer yang biasa berkutat di dunia jet darat F1 ,yaitu John McQuilliam and Steve Nichols. 

Rangka monocoq yang terbuat dari Carbon ini sebenarnya bukan hal yang baru, karena beberapa waktu silam Ducati yang bertarung di arena Moto GP juga memakai rangka jenis ini, tetapi tidak memperoleh hasil yang memuaskan, sehingga pada saat Valentino Rossi masuk di kubu ini, rangka Monocoq carbon ini dilengserkan dan di ganti dengan aluminium twin Spar.



Keunikan lainnya adalah peletakan tangki BBm yang posisinya diletakkan vertikal di antara jok dan mesin, selain itu suspensi bagian depan juga tidak seperti yang biasanya, kalau biasanya menggunakan tipe Up Side Down , Maka carbon 2 ini menggunakan A-Arm, sistem ini menyerupai  Telelever pada motor BMW.


Belum ada kabar terkini dari manufaktur motor asal Inggris itu tentang kelanjutan kiprah mereka di ajang balap ini. Bisa saja ini hanya untuk membuktikan bahwa mereka juga punya keahlian membuat motor di segmen sport.

mari kita lihat saja Bro sis bagaimana hasilnya...heheh

salam Bluspit Bleh !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar