.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Selasa, 05 Agustus 2014

Track T800CDI (Motor Bermesin Diesel)

Pernah membayangkan kalau sepeda motor bermesin diesel yang terkenal dengan torsi badak nya dan menenggak BBM berjenis Solar? hampir Tidak terlintas di pemikiran kita, karena selama ini di Indonesia, Kebanyakan motor yang beredar bermesin bensin (premium), baik itu 2 tak maupun 4 tak.



Nah, di artikel ini kita coba membahas motor bermesin diesel ini, salah satunya adalah Track T-800 CDI Diesel. T-800 CDI ini merupakan motor ber-genre Adventure yang dibuat oleh pabrikan Evaproducts yang berasal dari Belanda, motor ini menggunakan Turbo Charger , 800cc Triple cylinder dari mobil SMART , yang kemudian di salurkan melalui transmisi CVT (Continuously-variable transmission ) seperti motor matic pada umumnya , kemudian di teruskan ke roda belakang tidak menggunakan Sprocket (Rantai+Gir), melainkan menggunakan Shaft drive (seperti sistem gardan pada mobil) untuk membuat mesin tetap berada pada peak torque (Torsi puncak).

Mesin motor ini sanggup memuntahkan power sebesar 45hp dan torsi sebesar 78 lb.ft, tapi yang paling mencengangkan adalah konsumsi BBM solarnya yaitu sampai 140 MPG atau setara dengan 59.51 Km/Liter, wow bukan...hampir setara macam motor bebek injeksi di Tanah Air nih yang cuman 110-125cc .







Sasis motor ini di rancang kusus untuk dapat menyaingi KTM 990 adventure ataupun BMW R1200GS, Untuk menopang rangka trelis yang modern ini, menggunakan suspensi berlabel WP, dan makin wow saja, menghentikan laju motor ini memakai sistem pengereman keluaran Brembo....wow...


Motor ini punya beberapa kelebihan dibanding kompetitornya , seperti :
  1. konsumsi BBM solar yang sangat irit.
  2. inrterval servis rutin yang lama yaitu sampai 50.000 km
  3. Berbagai macam part yang terkenal (brembo brake sistem,WPsuspension,exel rim,Daimler Engine,ECU dari jerman,ban keluaran michelin dll)
  4. Penggunaan gardan
  5. Torsi badak sejak rpm sangat rendah,cocok untuk adventure
  6. CDI(Common rail direct injection) dengan 3 kali penginjeksian dalam urutan pembakaran.


Berikut spesifikasi teknis nya :

Engine :
Displacement: 800 cc
Max output: 33/45 kW/bhp at 3000 tot 4500 rpm
Max Torque: 100 Nm at 1800 rpm
Cylinder position: In line
Number of cylinders: 3
Compression ratio with fueltype: 1:18 Diesel V-Power / Bio-Diesel
Valves per cylinder: 2
Pressure: Turbo 1.25 bar + Intercooler 
Gasgrip: Fly by wire 
electronicsClutch: centrifugal
Gearbox: Continuous Variable Transmission 
Primary drive ratio —
End Drive: CardanEnd ratio: 1.58

Chassis :

Type of frame: Buis Frame Chroom Molybdeen
Front suspension: WP-upside down 48 mm
Rear drive type: Track shaftdrive Cardan  
Suspension rear and front: 210/210 mm
Wheelbase: 1,610 mm
Rake/Trail: 63.4 / 26.6 degrees
Front Brakes: Dubbel disk, dia 310 mm
Rear Brakes: Single disk, dia 265 mm
Front rim size: 1.85": 21"
Rear rim size : 4.25": 17"
Total length: 2450mm
Width with mirrors: 900 mm
Handlebar without mirrors: 865 mm
Seat height: 780/900 mm
Dry weight: 225 kg
Max weight: 425 kg
Fuel tank: 22.5 ltr


Elektronic :Alternator: 500W
Battery: 12 V/35 Ah
Startermotor: 1.5 kW
Electronic Management: ECU by canbus


Performance :

Fuel consumption: Pure Plant olie / Bio-Diesel / Diesel 
90 km/h: 2.5 - 2.1Lltr/100 km
120 km/h: 3.5 - 3.1Lltr/100 km
175 km/h: 4.7 - 4.2Lltr/100 km
Acceleration: Torque above hp
0-100 km/h: (3.75)sec
Top speed: 175 km/h


monggo dinikmati video nya : 





2 komentar:

  1. Gagah gan ! kalau motor diesel cc kecil masuk sini gimana tuh nasibnya klo ngeliat torsi badaknya worth banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. muantab gan torsi badaknya, cuocok abis buat adventure emang...ya semoga pabrikan jepang juga bikin gebrakan kek gini...kwkwkw

      Hapus