.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Rabu, 27 Agustus 2014

NINJA 250 MONO LIBAS NINJA 250 FI !!


Pada gelaran Indospeed Race Series (IRS) kelas OMR (one make race) Kawasaki Ninja 250cc putaran ke 3 kemarin , sempat membuat Bluspit penasaran karena pada kelas ini baik Ninja 250FI dan Ninja 250 karburator yang bermesin 2 silinder akan berseteru dengan adiknya yang tidak lain adalah Ninja 250 Mono yang menggunakan mesin 1 silinder ,yang basis mesinnya nyomot dari KLX250 yang merupakan motor untuk Off Road . Lah mesin motor offroad kok di tancep ke motor sport fairing ? 



Padahal jika kita melihat spesifikasi dan juga performa mesin nya Ninja 250 FI lebih unggul ketimbang ninja 250 Mono. Berikut Hasil dyno di atas dynamometer Dynojet milik Sportisi Motorsport menunjukan power Ninja 250 FI lebih besar yaitu 26,21 dk pada 10.800 rpm, sedang Ninja RR Mono 24,54 dk di 9.900 rpm. Sementara torsi Ninja RR Mono 20,15 Nm di 7.000 rpm lebih besar dari Ninja 250 FI yang hanya 17,87 Nm di 8.500 rpm. 

Pada gelaran OMR Ninja ini memang di wajibkan supaya semuah motor memakai mesin Standar tanpa harus di oprek, tetapi boleh melakukan pemakaian knalpot aftermarket, Setting ECU, setting suspensi dan Ban race saja. Dengan pemakaian mesin standar ini memang bertujuan untuk memangkas biaya, sehingga membuat balapan menjadi ramai peserta.


Berikut Hasil lomba IRS Seri ke 3 , dari daftar tersebut memang tidak terlihat mana yang memakai Ninja mono, Ninja FI, Ninja karbu, maka dari itu Bluspit pun mencari info ke sumber yang terpercaya yang juga mengikuti race ini yaitu om Indrawan , yang juga selaku pemengang merk knalpot WRX dan RX8.



Pada percakapan itu bluspit mendapatkan pencerahan dan mendapatkan jawaban kalau podium 1 2 dan 3 di sapu bersih oleh Ninja 250 Mono, Berikut cuplikan percakapannya :


Nah, Siapa yang sangka kalau di sirkuit yang mengumbar top speed dan juga mengumbar peak power ini malah membuat Ninja bermesin 2silinder (FI dan Karburator) malah kurang bertaji, dan siapa sangka ternyata Ninja mono yang bermesin 1 silinder yang kaya akan torsi dan power lebih kecil malah sangat bertaji di kelas campuran konfigurasi mesin ini. Heran kan Bro-sis...

Dari sini dapat Bluspit simpulkan bahwa Kawasaki memang mendesain Ninja RR mono ini menjadi lebih Racy, dan juga lebih cocok untuk balap ketimbang kakaknya ninja 250 FI , Selain itu terlihat bahwa peak power mesin bukan lah segala-galanya, tetapi faktor lain seperti desain rangka, suspensi, dan juga bobot dan juga torsi menjadi suatu faktor yang sangat penting, karena dengan torsi besar juga membuat Ninja 250 Mono ini menjadi lebih cepat ber akselerasi . Dan yang terakhir adalah faktor Joki nya hehehe...

Sepertinya Memang Ninja 250 mono ini di posisikan sebagai CBR250 killer nih bro sis. Wah jadi makin penasaran jika masuk kelas campuran dan Ninja 250 Mono nantinya akan bersaing dengan Ninja 250 FI, yamaha R25, dan juga CBR250...hehehe... Semoga terealisasi heheheh...jos !!

Berikut spesifikasi Ninja 250 Mono (STD) :
  • Engine type:      Liquid-cooled, 4-stroke 1 Cyl DOHC
  • Displacement :    249 cm³
  • Bore x stroke :    72.0 x 61.2 mm
  • Compression ratio:     11.3:1
  • Valve/Induction system:    DOHC, 4 valves
  • Fuel system     Fuel injection: ΓΈ38 mm x 1
  • Ignition :  Keihin, Transistorized Ignition
  • Electric: Starting
  • Lubrication : Forced lubrication, wet sump
  • Maximum power 20.6 kW / 9,700 rpm
  • Maximum torque 22,6 N·m { kgf·m} / 8,200 rpm
    SS 400m : 15,5 s
  • SS 200m : 9,7 s
  • Max Speed : 153 km/h
  • Transmission 6-speed, return
  • Final Drive Sealed chain
  • Primary reduction ratio 2.800 (84/30)
  • Gear ratios: 1st 3.000 (393/11)
  • Gear ratios: 2nd 1.933 (29/159)
  • Gear ratios: 3rd 1.444 (31/22)
  • Gear ratios: 4th 1.217 (28/23)
  • Gear ratios: 5th 1.045 (23/22)
  • Gear ratios: 6th 0.923 (24/26)
  • Final reduction ratio 3.000 (42/14)
  • Clutch : Wet multi-disc, manual
  • Frame type Tube diamond
  • Rake/Trail 24° / 90 mm
  • Wheel travel, front 110 mm
  • Wheel travel, rear 116 mm
  • Tyre, front 100/80-17 M/C (52S)
  • Tyre, rear 130/70-17 M/C (62S)
  • Steering angle, left / right 36° / 36°
  • Suspension, front  telescopic fork
  • Suspension, rear Bottom-Link Uni-Trak swing arm
  • Brakes, front Single 263 mm petal disc. Caliper: dual-piston.
  • Brakes, rear Single 193 mm petal disc. Caliper: Dual-piston.
  • Dimensions (L x W x H) 1.935 mm x 685 mm x 1,075 mm
  • Wheelbase 1,330 mm
  • Road Clearance 165 mm
  • Seat height 780 mm
  • Fuel capacity 11 litres
  • Curb Mass 151 kg
Dan ini Perbandingan Performa nya (STD) :
Ninja RR Mono
0-60 km/jam : 3,0 detik
0-80 km/jam : 4,9 detik
0-100 km/jam : 7,5 detik
0-100 m : 6,4 detik
0-201 m : 9,9 detik
0-402 m : 15,8 detik
Top speed spidometer : 154 km/jam
Top speed racelogic : 146,6 km/jam

Ninja 250 FI

0-60 km/jam : 3,1 detik
0-80 km/jam : 4,9 detik
0-100 km/jam : 7,5 detik
0-100 m : 6,4 detik
0-201 m : 9,9 detik
0-402 m : 15,7 detik
Top speed spidometer : 161 km/jam
Top speed racelogic : -


Salam Bluspit Bleh !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar