.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Jumat, 22 Agustus 2014

Pasar Sport Cruiser 200-250cc Lowong !!


Di saat sekarang pabrikan motor jepang masi getol-getolnya memproduksi motor 250cc genre sport fairing dengan harga kisaran 40-60juta an, yang di posisikan sebagai Flagship, ternyata pasar 200-250cc sport ber genre cruiser justru malah tak ter urus, baik itu dari pabrikan Honda yang menghentikan produksi Honda Tiger Revo kebanggaannya, dan juga Yamaha yang mati segan hidup pun ngos-ngos an untuk mempertahan si Scorpio 225 nya, yang sudah terlihat usang dan ketinggalan jaman.





Sementara Itu di pihak suzuki sudah terlebih dahulu menelorkan Suzuki Inazuma dengan kapasitas 250cc ,2silinder, SOHC. Tetapi menurut Bluspit Inazuma 250 pun juga merupakan jawaban yang tepat untuk menggantikan Thunder250 pada masanya, hal ini di karenakan harganya yang cukup mahal dan menyentuh 47juta an. Memang bisa di pahami jika kita melihat spesifikasinya yang jos, cuman ya itu tadi... Inazuma 250 bukan lah jawaban yang tepat !!



Pada masa itu, para biker memilih motor ber genre cruiser seperti Tiger,Scorpio maupun Thunder bertujuan untuk memiliki motor yang handal, durable, enak buat touring (torsi yang memadahi), dan juga yang pasti motor untuk daily use (penggunaan sehari-hari), Dan bukan mengedepankan kecepatan dan juga syarat teknologi, seperti motor sport 250cc sekarang ( seperti Ninja250,R25,CBR250 dll). Maka dari itu , masing-masing pabrikan meracik motor tersebut hanya berbekal mesin SOHC, single silinder, dengan kapasitas mesin 200-250cc dengan muntahan tenaga hanya berkisar 17-21 hp an saja.

Sekarang motor-motor kelas cruiser 200-250cc ini sudah hampir punah, cuman tersisa yamaha scorpio yang sudah tidak ada pengembangan sama sekali. kelas ini cuman di isi oleh pabrikan India yang bekerja sama dengan Kawasaki yang tidak lain adalah Kawasaki Pulsar 200 NS, yang juga sampai sekarang terlihat tidak seberapa laku, hal ini mungkin di akibatkan oleh takutnya konsumen akibat larinya Bajaj dari indonesia, meskipun memang sih Pulsar 200 NS lebih terjamin dengan jaringan 3S punya kawasaki. Selain itu Pulsar 200 NS ini malah di gunakan untuk melawan kompetitor yang 150cc dengan banderol harga yang yang bersaing dengan kelas 150cc tersebut.


Nah , di tengah kekosongan kelas ini, mengapa pabrikan tidak berbondong-bondong untuk menjadi first mover? Diharapkan dengan terisinya kelas ini dengan banderol harga kisar 28-30juta an ini nantinya menjadi jembatan peralihan untuk naik kelas dari 150 cc ke 250cc

Yah semoga pabrikan motor Honda, kawasaki, suzuki, yamaha membaca ini dan bergerak cepat untuk mengisi kekosongan ini, dengan begitu pulsar 200NS pun tidak berjalan sendirian, dan yang paling penting Konsumen di untungkan... Juoss

Salam Bluspit Bleh !!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar