.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Kamis, 07 Agustus 2014

Honda Mempersiapkan Mesin Ber-Supercharger

VFR 1200

Bocoran dari salah satu sumber BLUSPIT, Honda sedang mempersiapkan mesin motor yang dilengkapi dengan supercharger , Dengan tujuan supaya dapat memperkecil kapasitas mesin, yang berhubungan langsung dengan konsumsi bahan bakar minyak dan juga dapat menekan emisi gas buang nya, tetapi tetap dapat menyemburkan power yang oke punya.

Yup, supercharger, bukan Turbocharger. Nah apa itu supercarger? Supercharger merupakan perangkat tekanan induksi yang memanfaatkan tenaga dari putaran mesin biasanya crankshaft atau kruk ass (turbocharger memanfaatkan gas buang) untuk memutar kompresor, dan kompresor ini berguna untuk menekan campuran udara+bbm ke intake manifold , sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan kompresi yang berhubungan dengan peningkatan tenaga dari mesin tersebut.



Sebelumnya suzuki sudah terlebih dahulu memperkenalkan motor dengan sistem turbocharger, yaitu suzuki recursion consept bike berkapasitas mesin 588cc parallel twin yang di klaim sanggup memuntahkan power sebesar 100hp @8000rpm, Pabrikan honda pun tak mau kalah, dan sedang bekerja dengan mendesain 2 macam mesin, yang pertama memakai basic mesin V4 dari VFR1200 yang memanfaatkan separo dari mesin V4 tersebut, yaitu sisi depan dari parallel twin mesin V4 tersebut. Supercharger diletak di belakang mesin tersebut, sedangkan intercooler diletakkan di bagian atas, seperti normalnya peletakan box filter, Dengan desain seperti ini ternyata bisa membangkitkan +-160 hp pada kruk ass, padahal cuman memakai separuh dari kapasitas mesin aslinya yang 1200cc.

Mesin VFR 1200

nah ini yang sedikit mengganjal, kenapa supercharger memakai intercooler, padahal intercooler biasa di pakai pada sistem Turbocharger, untuk mendinginkan udara sebelum masuk ke intake, karena turbocharger memanfaatkan gas buang, maka dari itu perlu didinginkan.


Pada Desain ke dua , memakai basic mesin 4 silinder inline yang peletakan port intake dan exhaust nya terbalik seperti mesin Honda NSF250 Moto 3 Race Bike, Supercharger tersebut terpasang pada bagian depan,bawah tepat di depan kruk ass, hmm... cukup nyleneh nih...heheh

Mesin NSF 250
Dengan penerapan supercharger ini diharapkan mampu menekan kadar emisi gas buang, karena di Eropa terkenal ketat dengan peraturan kadar emisi tersebut. Yah, marilah kita tunggu progres dari Honda ini, semoga memberi gebrakan yang wow dengan penggunaan teknologi Supercharger ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar