.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Kamis, 18 September 2014

Komparasi Motor Rentang Harga 28-29 juta an


Pada saat ini lagi rame-ramenya di kelas sport 150cc dengan rentang harga berkisar 28-29jt an, yang lagi hot tentunya kalo ga Honda CBR 150 yah pasti Yamaha R15, yang baru-baru ini sudah di lounching. Motor ber genre sport fairing ini menggunkan mesin 4 tak 150cc yang mampu menghasilkan power berkisar 16-17 ps, memang cukup wow sih di kelasnya, dengan desain yang modern dan performa yang cukup, membuat menjadikan motor ini primadona pada rentang harga tersebut. 

Mesin Ninja 150 SS/R/L
Mesin CBR 150
Mesin R15
Namun di harga 28-29 juta an ini terdapat motor sport keluaran kawasaki yang memiliki kapasitas mesin yang sama ,yaitu 150cc tetapi bukan 4 tak, tapi 2 tak. Motor ini adalah Ninja 150SS dan Ninja 150R/L . 

Performa :
Tahu sendiri kan gimana performa mesin 2 tak, kalau orang-orang bilang tarikannya seperti di jambak setan, ngeri bro sis heheh. Menurut spesifikasinya mesin Ninja 150 SS/R/L ini sanggup memuntahkan power sebesar 30.1 Ps pada putaran mesin 10.500Rpm.

Bayangkan dengan harga yang sebanding yaitu 28-29 juta an ini , bro sis mendapatkan motor sport 30.1 ps yang hampir 2-kali dari power mesin CBR 150 dan R15. Dengan tenaga besar tersebut , 150kph aja mudah banget di capai, dan tentunya dengan waktu yang lebih singkat. 

Udah kalau masalah performa bisa di sandingkan dengan Ninja 250Fi yang menggunkan 2 silinder, Juoss pokoknya...R15 dan CBR150 ya jelas jauuuhhh. heheh


Fitur :
Kalau masalah fitur jelas Ninja 150 SS/L/R jelas ketinggalan, mulai sistem pengkabutan yang masi menggunakan karburator, spidometer masih analog, dan tentunya belum ada nya fairing pada sisi depan yang berguna untuk membelah angin pada kecepatan tinggi. Berbeda dengan kompetitornya yang sudah menggunkan sistem pengkabutan Fuel Injection , Spidometer sudah campuran digital dan analog yang terlihat modern dan tentunya sudah dilengkapi dengan fairing.

Untuk masalah sistem pengkabutan model karburator sebenarnya juga ada sisi positifnya, yaitu meringankan biaya untuk tuning . Jadi hanya dengan penggantian Spuyer saja bro sis yang harganya cuman kisar 30-50rb , sudah bisa merubah campuran bahan bakar tersebut, berbeda dengan sistem FI yang memang lebih advans sehingga memerlukan alat Piggyback  untuk memanipulasi ECU, dan tentunya harga alat ini tidak murah, dengan harga 3-5juta an.

Rangka, Suspensi, Rem:
Pada sektor ini hampir tidak ada yang memiliki spek yang unggul mutlak, yah bisa di bilang  so so aja. Rangka Ninja menggunkan rangka jenis Deltabox yang sama dengan R15, sementara itu CBR 150 masi memakai rangka Truss frame /trelis.

Untuk suspensi juga begitu, masi sama-sama mengandalkan teleskopik pada sektor depan dan monoshock dengan link pada sektor belakang. Sistem pengereman juga sama-sama mengandalkan sistem disk brake pada sektor roda depan dan belakang.

Yang menjadi kekurangan pada Ninja adalah ukuran velg dan ban, yang terlihat kuno dengan diameter 17 di depan dan 18 di belakang, selain itu dimensi nya juga kurang lebar dan terkesan kaki-kaki ninja ini terlihat cungkring, berbeda dengan kompetitor nya yang menggunkan velg dan ban yang lebih besar dan lebar, sehingga terlihat lebih gagah.

Desain :
Untuk masalah desain jelas Ninja kembali tertinggal, karena model Ninja ini sudah ada sejak tahun 90 an, hanya ada update pada sektor lampu saja, berbeda dengan kompetitor yang lebih terlihat sporti dan modern.

Spesifikasi nya :

Ninja 150 SS/L/R


R15 :


CBR 150 :

Kesimpulan :
Bagi bro sis yang mengedepankan performa yang ganas, suka melakukan tuning ringan, dan biaya tuning lebih hemat, tetapi mengesampingkan desain dan fitur , jelas jawabannya adalah Ninja 150 SS/L/R.

Sementara itu jika bro sis mengedapankan desain yang lebih modern dan sporti, fitur yang lengkap, dan juga lebih irit BBm serta ramah lingkungan , namun mengesampingkan performa jelas pilihan datang ke R15 maupun CBR 150.

Hayo di pilih...heheh...

Salam Bluspit Bleh !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar