.

.
@ Sirkuit Kenjeran, Photo by Andreas Pratama C

Selasa, 02 September 2014

NINJA H2 | Superbike ber- Supercharger kah ??


Jika beberapa waktu Bluspit Sempat mendapatkan bocoran bahwa Honda telah melakukan Riset dalam menciptakan motor yang menggunakan supercharger

http://bluspit.blogspot.com/2014/08/honda-mempersiapkan-mesin-ber.html

kali ini malah Kawasaki duluan yang telah menyebarkan Teaser Ninja H2, Nah , Motor apa ini gerangan ??







Baru-baru ini Kawasaki Heavy Industry (KHI) telah menyebar sebuah Teaser yang bertulis Ninja H2, yang nantinya akan di gelar pada Intermot colonge pada 30 september mendatang, Yup ...Ninja H2 , kalau ada label Ninja otomatis jenis motor ini akan ber genre Sport Fairing, entah itu nantinya adalah Pure Sport (ZX Series) ataupun Sport touring , masi tanda tanya.

Nah Motor apa nih?? tapi yang pasti motor sport ini nantinya di desain dan di rancang tidak hanya oleh tenaga ahli di bidang sepeda motor tetapi juga meliputi berbagai macam tanaga ahli di bidang angkasa luar, Turbin, dan berbagai macam teknologi canggih lainnya.



Beberapa sumber pun berspekulasi bahwa motor ini kemungkinan akan menggunakan mesin 4silinder Inline dengan seperangkat supercharger, karena pada tahun  2013 kemarin Kawasaki Heavy Industry sempat memamerkan mesin ini pada gelaran Tokyo Motorcycle. yang konon mesin tersebut berkapasitas 1000cc dan di jejali seperangkat superchager sehingga performa nya bisa setara dengan mesin 1400cc NA (Naturaly Aspirated). 

Tujuan penggunaan Supercharger ini sendiri dengan meningkatkan performa (sehingga dapat membuat mesin yang lebih kecil dengan performa yang setara atau lebih) , efisiensi bahan bakar, dan juga masalah emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan karena aturan emisi gas buang yang semakin ketat.


Namun Ninja H2 sendiri belum diketahui apakah motor ini nantinya akan di produksi untuk menjadi suksesor zx-10 , karena ZX-10 sendiri diciptakan untuk mengikuti regulasi balap kelas Superbike yang mengharuskan motor tersebut menggunkan mesin yang NA (Naturally Aspirated). Atau akan kah Kawasaki Heavy Industry  juga memproduksi kedua nya seperti pada kasus Ninja ZX-6 yang menggunkan kapasitas 636cc pada produksi masal, dan 600cc untuk keperluan balap kelas supersport. 

Tetapi tidak menutup kemungkinan Kawasaki nantinya akan menancapkan mesin  ber-supercharger  lainnya ke farian ZZR 1400cc, karena sebelumnya kawasaki juga mempunya basis mesin ini yaitu mesin milik jet ski Ultra 300 X yang memiliki spesifikasi mesin 1498cc, 4 silinder inline, DOHC yang dilengkapi dengan supercharger dan intercooler. Mesin Jet ski ini pun di klaim sanggup menyemburkan tenaga beringas sebesar 300ps (on Crank) pada kitiran mesin 7.750Rpm , Sebagai perbandingan ZZR 1400 / ZX14 sendiri hanya sanggup memuntahkan power mendekati 200 ps.


Kalau Bluspit boleh berasumsi Opsi yang terakhir ini yang paling realistis, karena ZZR1400 sendiri tidak terikat dengan banyaknya aturan (wajib NA) yang menyangkut balap seperti kelas 1000cc (Superbike) , Jadi dengan menggunkan mesin gahar ini makin memperkokoh kedudukan Kawasaki ZZR1400 sebagai motor produksi masal yang paling bertenaga dan tercepat. Benar-benar Flagship yang ganas kan bro sis...hehehe

Sebagai pencerahan , Berikut Spek Jet Ski Ultra 300 X :
Engine : Supercharged and intercooled, four-stroke, DOHC, four valves per cylinder, inline-four
Displacement : 1, 498 cc
Bore x Stroke : 83 x 69.2 mm
Compression Ratio : 8.4: 1
Induction : Eaton Twin Vortices Roots-type supercharger with air-to-water intercooler
Maximum boost : 17.0 psi
Maximum horsepower : 300 HP ( HP measured in PS at the crankshaft under controlled conditions. Actual performance may vary) 
Cooling system : Inducted water
Fuel System : Digital Fuel Injection
gnition : TCBI with Digital Advance
Starting System : Electric
Lubrication : Semi-Dry Sump system
Coupling : Direct drive from engine
Propulsion system : 160mm jet pump, axial-flow, single stage
Impeller : Three-blade, oval-edge stainless steel
Thrust : 1, 769 lbs.
Overall Length : 132.7 in.
Overall Width : 47.0 in.
Overall Height : 45.3 in.
Curb Weight : 1040.8 lb.* * Includes all necessary materials and fluids to operate correctly, full tank of fuel ( more than 90% of capacity) and tool kit ( if supplied) 
Load Capacity : TBD
Storage Capacity : 60 gal.
Fuel Capacity : 20.6 gal.
Oil Capacity : 5.3 qt.
Color Choices : Metallic Titanium / Luminous Vintage Red

Berikut Video Teaser nya :
Hmm...Penasaran kan Brosis, Seperti apa rupa dan spek nya Ninja H2 ini...kita tunggu saja !!

Salam Bluspit Bleh !!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar